HUT Ke-73 TNI Harus Jaga Netralitas Dalam Pemilu 2019

Lensapapua, Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-73 yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Biak Numfor mengusung tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Tahun ini pelaksanaan upacara di laksanakan di Lapangan Apel Mako Lanal Biak Jl. Jend. Sudirman Biak – Papua, Jumat (5/10/2018), dihadiri oleh para pimpinan TNI di Kabupaten Biak Numfor.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Marsma TNI I Wayan Sulaba (Kas Koopsau III), serta bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Laut (KH) Wawan Priono (Pabandya Lutpulta Guskamla Armada Tiga), dan bertindak sebagai Perwira Upacara Mayor Wawan Triono (Paban Dikamla).

Dalam amanat Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang di bacakan inspektur upacara dikatakan, upacara dilaksnakan secara serentak di seluruh Indonesia dan dipusatkan di Marauke, Provinsi Papua.

“TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa Iainnya telah bekerja bahu membahu. Kita berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita yang membutuhkan,” jelas Panglima.

Selain itu, TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan,  serta memulihkan sarana dan prasarana.

Panglima TNI juga mengatakan, Dalam tugas-tugas selain perang, TNI juga terlibat dalam pengamanan pemilu. TNI berkomitmen untuk terus menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019.

“Untuk itu, saya akan memberikan penekanan-penekanan kepada seluruh prajurit TNl dimanapun berada untuk dipedomani dan dilaksanakan yakni perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa serta luaskan hati untuk terus beribadah. Karena hanya kepada-Nya Iah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan”. Kata Panglima TNI

“Selanjutnya, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI Dengan rakyat, agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa” pungkas Panglima TNI Hadi Tjahjanto dalam amanat tertulisnya.

Pada peringatan HUT TNI ke-73 ini dilaksanakan juga penyerahan tali asih kepada veteran dan dilanjutkan acara ramah tamah di gedung Hang Tuah Lanal Biak, nampak hadir dalam acara teraebut perwakilan Pemda Biak, pimpinan BUMN/BUMD Kapubaten Biak Numfor. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.