Hari Bhayangkara ke 73, Diharapkan Polri Makin Profesional Modern & Terpercaya

Lensapapua, Biak – Polres Biak Numfor melaksanakan upacara bersama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke – 73 Tahun 2019 yang tepatnya jatuh pada tanggal 1 Juli yang lalu, upacara melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor, Pimpinan TNI serta stakeholder terkait di Lapangan cendrawasih Biak Papua, Rabu (10/7/2019).

Dalam sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian yang dibacakan oleh Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, SIK., M.Si menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini Polri selalu survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur undang-undang, Polri yang saat ini memiliki anggota 446.873 personil tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten/kota serta 4.872 polsek di 7.201 Kecamatan bersama-sama dengan Tni dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan NKRI.

“Berbagai perbaikan yang dilaksanakan oleh polri selama 3 tahun terakhir melalui program promoter yang di titik berat kan pada 3 kebijakan utama yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur dan manajemen media,” Tutur Kapolres membacakan sambutan Kapolri.

Peningkatan kinerja diwujudkan dari pendekatan meningkatkan kualitas pelayanan publik profesionalisme dalam penegakan hukum dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal, Perbaikan kultur direalisasikan dengan menekan budaya korupsi menghilangkan arogansi kekuasaan dan menekan kekerasan expensive sedangkan manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial dengan menyampaikan upaya polri dalam pemeliharaan kamtibmas dan meminimalisir berita negatif termasuk hoax dan ujaran kebencian.

3 tahun implementasi program promoter menunjukkan hasil yang baik, kepercayaan publik terhadap institusi publik terus meningkat, Polri pada tahun 2016 termasuk dalam 3 institusi dengan kepercayaan publik rendah dan sangat ini berdasarkan hasil survey yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga yang kredibil berada pada 3 besar lembaga yang telah dipercaya publik.

Dalam kesempatan ini Kapolri menyampaikan terima kasih atas apresiasi Presiden RI, terhadap berbagai capaian Polri khususnya dalam menghadapi berbagai agenda nasional sepanjang 2018 dan 2019 serta penghargaan yang disampaikan oleh Presiden terhadap pengelolaan organisasi polri khususnya terkait dengan opini WTP dari BPK yang diraih Polri selama 6 tahun berturut-turut sejak 2013-2018.

“Kami menyadari sepenuhnya berbagai apresiasi tersebut tidak dapat diraih Polri tanpa bimbingan dan arahan Presiden dan Wakil Presiden, dukungan pimpinan lembaga tinggi negara, kerjasama pimpinan kementerian lembaga, seluruh anggota DPR, DPD, MPR, mitra kerja senior dan sesepuh Tni – Polri dan seluruh masyarakat Indonesia sehingga polri dapat melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan maksimal” Ungkapnya.

Selanjutnya Polri siap menindaklanjuti 5 instruksi Presiden dan pedomannya dalam pelaksanaan tugas yaitu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Polri, guna menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks serta untuk mendukungnya terwujudnya Indonesia emas 2045. Meningkatkan dan mengedepankan strategi, kemanusiaan proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat. Meningkatkan kualitas layanan publik yang modern mudah murah cepat secara konsisten dan berkelanjutan. Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional transparan dan ber keadilan yang kelima memperkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementerian atau lembaga pemerintah daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Harapan Kapolri yaitu doa dari masyarakat agar Polri makin profesional modern dan terpercaya dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri.

Peringatan Hari Bhayangkara ke 73 Polres Biak Numfor dimeriahkan dengan penampilan drum band, tarian yospan dan lomba panjat pinang.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.