Hari Bakti ke 72 TNI AU Biak Adakan Ziarah Ke TMP Cendrawasih

Lensapapua, Biak – Upacara ziarah bersama satuan TNI Angkatan Udara yang ada di Biak dalam rangka memperingati ke-72 hari bakti TNI Angkatan Udara dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Cendrawasih jalan raya Bosnik, Biak, Minggu pukul 16.00 WIT (28/7/2019).

Upacara ziarah diikuti KAS Koopsau III Marsma TNI Erwin Buana Utama, Grad Dipl. in ORS, MMOAS. Sebagai Irup Danlanud Manuhua Marsma TNI Daan Sulfie, S. Sos. Hadir para pejabat Koosau III, Kadis Lanud Manuhua, Pejabat Kosek IV serta perwakilan dari jajaran Koopsau III, Kosek IV, Lanud Manuhua, Yonko 468 Paskas, Satrad 242, Skadron 27, pengurus PIA Ardhya Garini dari seluruh satuan jajaran TNI AU di Biak.

Setelah upacara dilanjutkan acara tabur bunga yang dipimpin oleh Danlanud Manuhua bersama Kepala Staf Koopsau III, Marsma Daan Sulfi dan Marsma Erwin B. Utama mengawali penaburan bunga di pusara Mayor Udara Julianus Tarumaselly.

Menurut Danlanud, “Sosok Julianus Tarumaselly adalah seorang pejuang yang gigih sejak jaman penjajahan Belanda yang meninggal tahun 1982. Ia berjasa besar dalam tugas integrasi Irian Barat ke dalam negara Kesatuan Republik Indonesia tahun1963 sampai Penentuan Pendapat Rakyat 1969,” ujar Marsma Daan Sulfie.

Selanjutnya bunga ditaburkan di pusara Mayor PNB Marlon Ardiles Kawer, purta asli Biak seorang penerbang pesawat Hercules yang meninggal dalam tugas penerbangan di Wamema.

Kadisops Lanud Manuhua Kol. Pnb. Abram Tumanduk mengatakan Penerbang Hercules ini telah mengukir bakti kepada pertiwi dalam berbagai tugas kemanusiaan di Aceh, Padang dan Pulau Nias. Atas jasa-jasanya Komandan Lanud Manuhua mengabadikan namanya Lapangan Angkasa menjadi Lapangan Marlon Kawer.

Tabur bunga juga dilakukan di makam pejuang integrasi Irian Barat bergabung kepada NKRI Frans Kaisiepo oleh Danlanud, Kas Koopsau III, para pejabat Koopsau, pejabat Lanud, pejabat Kosek IV dan Pengurus PIA AG Biak, Lokasi makamnya berada di seberang TMP Cendrawasih.

Sementara itu Kepala Penerangan Lanud Manuhu Mangapul Simanjuntak juga menyampaikan selain sebagai rangkaian kegiatan peringatan ke-27 Hari Bakti TNI Angkatan Udara, esensi pelaksanaan upacara ziarah ini adalah sebagai wujuf penghargaan kepada para pejuang pendahulu, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.