Hak Tahu Publik Harus Dipenuhi

DSCF5224

Lensapapua– Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI, Freddy H. Tulung selaku pemateri dalam kegiatan bimtek jurnaslitik online untuk petugas pengelola media center dalam paparannya mengatakan,  dalam pemenuhan hak tahu publik harus mampu mengakomodasi aspirasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik. Dengan harapan dapat meningkatkan citra positif lembaga atau institusi, ujarnya di Kota Sorong, Kamis (21/8).

Hal ini tidak terlepas peran Humas harus mampu menceritakan kebijakan dan hasil berbagai hasil pembangunan kepada publik.

“Selain itu, Humas harus mampu menyampaikan bahwa yang benar itu benar, dan yang salah  itu salah. Namun sampaikan yang salah itu dengan benar,”ujarnya.

Tidak kalah pentingnya peran Humas dalam melakukan edukasi di ruang publik melalui ketersediaan konten dengan muatan pendidikan (Educating), pemberdayaan (Empowering), pencerahan (Enlightening), NKRI (Nasionalism).

Tugas dan fungsi Humas dalam meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan media secara sehat dalam rangka penguatan sadar media (literasi media). Terbuka akses bagi publik untuk memperoleh alternatif informasi, katanya.

Ia menambahkan, kunci sukses Humas antara lain, aspek kewenangan, jaminan akses, kompetensi pelaksana Humas, artinya  jumlah orang yang cukup dengan jumlah orang yang cakap, serta dukungan teknologi.

Pemateri antara lain,  Pemred Info Publik Ahmed Kurnia, Heru Margianto dari kompas.com, Pemred gatranews.com  Dwitri Waluyo serta materi tambahan lainnya dari Direktur Pengelolaan Media Publik dan Kasubdit Media Online Hypolitus Layanan. (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.