Gubernur Sulawesi Utara Hadiri Undangan KKSU Dalam Rangka Peringatan Hari Sam Ratulangi di Kabupaten Sorong

Lensapapua–  Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Sinyo Harry Sarundajang, mengemukakan bahwa yang melatarbelakangi kehadiran dirinya dan rombongan di Kota/Kabupaten Sorong adalah untuk memenuhi undangan dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara (KKSU) yang berada diperantauan, untuk memperingati hari Sam Ratulangi ke-66.

 Disamping itu kata Gubernur, dirinya juga rindu untuk melihat masyarakat Papua dan warga masyarakat Sulut yang ada didaerah ini, kata Gubernur saat diwawancarai insan pers  usai pelaksanaan kegiatan. Kamis (02/7)

Menurut Gubernur, hal ini dikarenakan adanya sinergitas dan soliditas yang sangat terjamin didaerah ini, oleh nya itu saya tentu merasa bangga dan senang, karena masyarakat Sulut bisa diterima dengan baik dan bisa bekerjasama dengan baik didaerah ini, bahkan telah menjadi sebuah keluarga besar disini, kata Gubernur.

Kemudian saya sangat mengapresiasi kinerja Bupati Sorong Dr. Stepanus Malak, yang telah berhasil membangun Kabupaten Sorong, meskipun 15 tahun lalu saat saya hadir didaerah ini, situasi pembangunannya belum sebagus saat ini, imbuh Gubernur.

Kemudian juga saya ingin melakukan sharing maupun pendapat atau diskusi dengan Bupati Malak untuk apa saja kira-kira yang akan dikembangkan lagi diderah ini, karena Bupati Malak ini senang berdiskusi, dan ini adalah sebuah watak asli dari seorang Bupati Malak, sehingga bisa membangun Kabupaten Sorong dengan sangat berhasil.

Diakui Gubernur Sulut, termasuk dengan Gubernur Papua Barat yang juga teman ataupun sahabat saya semenjak puluhan tahun yang lalu, juga telah berhasil memimpin Provinsi Papua Barat dengan sangat berhasil.

Inilah yang melatarbelakangi kerinduan saya untuk melihat kehidupan masyarakat disini, kemajuan pembangunan yang ada dan juga membaurnya masyarakat Sulut dengan masyarakat Papua dan tidak pernah ada masalah, beber Gubernur Sulut.

Saat media ini mempertanyakan adanya dukungan Gubernur maupun warga masyarakat Sulut terhadap Bupati Malak jika mau maju menjadi Gunernur kedepan, Gubernur Sulut menjelaskan bahwa ada beberapa masyarakat yang menanyakan terkait adanya wacana Papua Barat Daya akan terbentuk, dan tidak menjadi sesuatu hal yang Tabu dan bukan menjadi sebuah larangan adanya aspirasi yang berkembang seperti itu, buktinya kita juga secara bersama-sama memekarkan provinsi Papua Barat.

Dan bukan tidak mungkin jika wacana provinsi Papua Barat Daya bisa berkembang menjadi sebuah provinsi, hal ini sah-sah saja, akan tetapi perlu disiapkan terlebih dahulu, agar tiba pada waktunya kita akan berjuang ke DPR-RI dan pemerintah pusat agar bisa didukung penuh, dan yang pasti warga masyarakat Sulut siap mendukung Bupati Malak jika mau maju menjadi Gubernur kedepan, pungkas Gubernur Sulut. (Red)

Exit mobile version