Gelar Kesiapsiagaan Antisipasi Penanggulangan Bencana

IMG_3902

Lensapapua – Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, S.Sos, M.Si, meminta dukungan dan kerjasama dari semua pihak terkait dalam berbagai kegiatan jika sewaktu-waktu terjadi musibah bencana

Dengan adanya dukungan dan kesiapan seperti ini, tentunya kita sudah siap semuanya. Terutama berbagai kebutuhan sarana dan prasarana yang manakala terjadinya bencana yang melanda daerah ini,” kata Suka Hardjono dalam rapat penanggulangan bencana, Senin (3/2).

Rapat yang dipimpin Suka Hardjono dan turut dihadiri para pejabat sipil, TNI, dan Polri ini di antaranya menghasilkan kesepatan mengenai akan digelarnya apel kesiapsiagaan antisipasi penanggulangan bencana, pada Kamis (5/1) mendatang.

Letkol Inf.Rahman Yadi.Dandim 1704 Sorong

Sementara itu, Dandim 1704/ Sorong Letkol Infanteri Rahman Yadi mengatakan,  belum lama ini para Dandim dan Kapolres se-Papua menggelar rapat di Jayapura membahas berbagai hal terkait dengan berbagai langkah antisipasi  bencana.

Menurutnya, salah satu yang menjadi isu penting perhatian nasional, yakni masalah banjir yang sering terjadi dimana-mana, dan hal itu perlu segera diantisipasi penangannya.

Dengan demikian pada prinsipnya kami dari unsur TNI siap mem-back up terhadap tugas perbantuan sesuai dengan petunjuk dan arahan dari pihak yang berwenang,” katanya.

Selain itu AKP.Diaz Sasongko,S.Ik Kabag Ops yang mewakili Kapolres Sorong menuturkan perlu adanya koordinasi lintas sektoral, yang dilaksanakan secara baik agar tidak mengalami kesulitan jika terjadinya bencana.

AKP.Diaz Sasongko.S.Ik.Kabag Ops Polres Aimas Sorong

“Jika memang dari Pemkab Sorong belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah, maka disarankan untuk menunjuk salah satu SKPD terkait sebagai koordinator tugas-tugas itu, sehingga ketika ada bencana koordinasi antar lintas sektor bisa berjalan dengan baik sesuai harapan,” kata sumber tersebut.

Rapat tersebut juga menghasilkan kesepakatan untuk  mempercayakan Dinas Sosial Kabupaten Sorong sebagai koordinator antisipasi bencana. Hal ini sudah sesuai dengan nomenklatur tupoksi dari dinas yang bersangkutan.Terangnya. (rim/Red)

 

Berita terkait

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.