banner 728x250

Fungsi Kearsipan Disemua SKPD Belum Dilaksanakan Secara Efektif

banner 120x600
banner 468x60

Leonora M.Likumahwa, SE.

Lensapapua– Kegiatan sosialisasi peraturan Bupati Sorong Nomor 14 tahun 2014 tentang “jadwal Retensi Arsip” bidang keuangan dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sorong. Dilaksanakan dihotel Handayani Aimas, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sorong.  Selasa (11/11)

banner 325x300

Ketua panitia pelaksana kegiatan Leonora M.Likumahwa, SE. Menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh sekretaris Dinas, Badan, RSUD dan Kasubag tata usaha serta para staf kantor Perpustakaan dan Arsip daerah Kabupaten Sorong sebanyak kurang lebih 40 orang peserta, jelasnya.

Dijelaskannya adapun yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan ssosialisasi ini adalah bahwa pengarsipan itu sangat lah penting, karena Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh setiap lembaga Negara, beber Leonora.

Oleh karena itu pengarsipan itu sangat dibutuhkan, karena berkaitan dengan bukti proses administrasi untuk mempertahankan jatidiri sebagai penyelenggara pemerintahan yang bersih dan berwibawa, imbuhnya.

Menurut Leonora khusus disemua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Sorong, belum melaksanakan fungsi kearsipan secara efektif dalam bidang tugas masing-masing sesuai yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang, oleh karena itu dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati Sorong Nomor 14 tahun 2014 tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) perlu dilakukan sosialisasi.

Dengan harapan melalui Peraturan Bupati ini kiranya dapat lebih dipahami tentang Arsip ataupun pengarsipan, jenis-jenis Arsip serta prosedur dan mekanisme pengelolaannya, dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penataan Arsip administrasi dalam bidang keuangan, kata Leonora.

Leonora menambahkan, adapun narasumber atau pemberi materi dalam pelaksanaan sosialisasi ini adalah Widarno, SH,MH. Direktur pembinaan kearsipan daerah dari Arsip nasional RI, kegiatan ini menggunakan anggaran yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Sorong tahun anggaran 2014, kata Leonora. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.