Festival Biak Munara Wampasi Ke – 7 Akan Berlangsung Pada 1- 6 Juli 2019

Lensapapua, Biak – Kesiapan Penyelengaraan Festival Biak Munara Wampasi (BMW) ke-7 tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada 1 – 6 Juli 2019 sudah hampir rampung, Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey Onny Dangeubun, Sabtu (15/6/2019).

“Konsolidasi tingkat panitia untuk mengeksplor berbagai raw material dari pada penyelenggaraan event sudah berjalan, berikut kami juga intens melakukan koordinasi dengan para pihak, baik dengan kementerian pariwisata maupun mitra dan stakeholder yang bisa bersinergi untuk penyelenggaraan event BMW kali ini,” Ujar Kadispar.

Festifal BMW ke – 7 tahun 2019 ini memiliki tema “Menguatkan Budaya Membingkai Pesona” yang mengandung makna pada seluruh penyelenggaraan event pariwisata ini, budaya menjadi lokomotif dalam pengembangan pariwisata dengan pesona yang akan di kemas melalui branding atau konsep, agar bisa meningkatkan jumlah wisatawan, meningkatkan lama tinggal dan standing money yang bisa didistribusikan dari para wisatawan.

Diharapkan Festival BMW ke – 7 ini mampu mengakomodasi seluruh potensi yang dimiliki daerah, baik potensi sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Biak Numfor.

“Kami harap semua elemen masyarakat bisa berpartisipasi agar munara ini menjadi milik bersama, karena ini menjadi salah satu model sosial yang menjadi modal ekonomi dalam pembangunan kabupaten ini ke depan,” Ucap Kadispar.

Onny menambahkan, konsep Festival BMW disesuaikan dengan tema dengan menambah beberapa keunikan budaya yang akan menjadi magnet atau simbol daripada wisata di Biak misalnya body painting yang dipadukan dengan tari kolosal dengan 500 penari, kemudian ada musik akustik yang akan dibuat dalam bentuk konser dengan menampilkan lagu-lagu rakyat.

“Kita harapkan pada Festival BMW kali ini jumlah wisatawan bisa meningkat, karena event ini merupakan salah satu pintu masuk untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sehingga dengan demikian kita akan memperoleh dampak ekonomi yang besar yaitu spending money yang tinggi,” Tuturnya.

Sementara itu untuk lokasi pelaksanaan Festival BMW akan terbagi dibeberapa tempat yakni pembukaan dan penutupan bertempat di Lapangan Cendrawasih Biak, Snap Mor akan dilaksanakan di Distrik Bondifuar Kampung Sansundi, Atraksi Apen Beyeren akan dilaksanakan di Museum Cendrawasih, Parade Wor dan Yospan akan dilaksanakan dari jalan Ahmad Yani, Imam bonjol hingga ke Sisingamangaraja.

Selain itu ada Pesona Kuliner yang akan di gelar di sepanjang jalan Imam bonjol, juga ada Parade Perahu Khas Biak Wairon dan Waimansusu akan dilaksanakan di perairan pelabuhan BMJ hinggal Hotel Nirmala, serta ada juga tur padaido yang di bagi menjadi 2 trip yaitu yang pertama ke kampung wisata samberpasi dan ke dua trip ke pulau undi atau urep.

Kadispar Biak Numfor berpesan, “Festival BMW adalah ekspektasi budaya kita, ekspektasi investasi masa depan kita melalui pariwisata, mari bersinergi berkomitmen mensukseskan Festival BMW ke -7 pada 1 – 6 Juli 2019, ketika budaya Kita Kuat, bersama kita semakin besar dan ini menjadi keunggulan kita untuk masa depan Biak Numfor,” Pungkasnya.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.