Ciptakan Keamanan Kedamaian Ketenteraman Melalui Dialog Kebangsaan

IMG_1346

Lensapapua– Bertempat di Hotel Aquarius Aimas Kabupaten Sorong,Kementerian dalam negeri bidang direktur jenderal kesatuan bangsa dan politik (Dirjen Kesbangpol) gelar Dialog kebangsaan dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi daerah pascah konflik di Kabupaten Sorong provinsi Papua Barat. Senin 1/9.

Dirjen Kesbangpol Drs.Heru Matador,M,Si. Dalam sambutannya mengatakan,Pentingnya hal ini dilaksanakan untuk mengantisipasi berbagai macam tantangan,hambatan dan gangguan dibidang Ipoleksosbudkamnas, Juga merupakan implementasi dari program strategis pembangunan nasional  dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2010-2014 dengan visi Terwujudnya Indonesia yang sejahtera,Demokratis dan Berkeadilan,serta misi “Mewujudkan Bangsa Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,mewujudkan Indonesia yang lebih mandiri,mewujudkan Indonesia yang lebih aman dan damai.

Untuk mewujudkan visi misi tersebut menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah,pemerintah daerah termasuk didalamnya adalah Dialog kebangsaan yang merupakan wadah komunikasi dan koordinasi unsur-unsur pemerintahan dan masyarakat di provinsi dan kabupaten/kota dalam pengembangan wawasan kebangsaan yang berbudaya,berkepribadian dan berkemandirian.

Drs.Heru Matador M,Si.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa perkembangan dinamika sosial politik telah memberi dampak yang signifikan kepada seluruh aspek kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara,seperti munculnya aspirasi yang berlebihan,timbulnya semangat primordialisme,aksi separatis dn aksi terorisme yang terjadi diberbagai daerah serta perilaku masyarakat yang cenderung anarkis yang berdampak pada terjadinya gangguan instabilitas nasional.

Olehnya itu,pemerintah bersama aparat keamanan dan juga komponen masyarakat bersama-sama bertanggungjawab menciptakan kondisi keamanan,ketertiban,ketentraman dengan melakukan pendekatan yang terpadu dan menyeluruh juga perlu dilakukan dengan cara persuasive dan edukatif  dengan pemberian pemahaman mengenai perundang-undangan dan pemahaman kondisi sosial budaya masyarakat.

Kepada seluruh peserta diharapkan kiranya dapat mengambil manfaat dari Dialog kebangsaan ini, dengan bertukar pikiran, menyatukan ide dan karya,memperkokoh tali silaturahmi serta mewujudkan komitmen dalam kehidupan berbangsa ,bernegara dan bermasyarakat sebagai sarana menyelesaikan berbagai permasalahan.Agar tercipta keamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia secara khusus di Provinsi Papua Barat. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.