Bupati Fakfak Bersama Rombongan Studi Banding Di Kabupaten Sorong

Kunjungan Bupati Fak-Fak bersama rombongan

Lensapapua– Bupati Fakfak Drs. Mohamad Uswanas, M.Si bersama rombongan  mengadakan studi banding di Kabupaten Sorong.

Kedatangan rombongan yang terdiri dari Wakil Bupati Drs. Donatus Nimbihendik, MTP, Sekda Drs. Huseuin Thofer, M.Si bersama  9 pejabat lainnya dalam rangka untuk  melihat langsung terkait dengan pengelolaan keuangan daerah setempat dimana pada tahun 2013 lalu, Kabupaten Sorong memperoleh predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Papua Barat.

Kedatangan rombongan Bupati Fakfak langsung diterima Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, S.Sos, M.Si yang didampingi Asisten II Setda H. Abdul Gani Malagapi, S.Sos, MM, dan sejumlah pimpinan SKPD. Pertemuan langsung dilaksanakan di ruang pola Kantor Bupati Sorong di Aimas, Selasa (25/11).

Usai pertemuan kepada pers, Bupati Fakfak Mohamad Uswanas mengatakan, dengan memperhatikan sistem akuntansi keuangan secara nasional berubah, bahkan sekarang kita lebih berorientasi pada acrual basic.

Terkait hal itu, pada pertemuan tadi saya menyampaikan beberapa hal  mekanisme penataan,  sistem asset dan sebagainya, termasuk juga bagaimana upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, ungkapnya.

Apalagi kita kembali melihat Kabupaten Sorong yang merupakan kota tua yang identik dengan kota minyak merupakan pernik-pernik pemerintahan.

Oleh karena itu, selaku bupati, kata Uswanas perintahkan kepada jajaran pemerintahannya untuk berkunjung ke Kabupaten Sorong yang memperoleh WTP tersebut karena untuk meraih keberhasilan itu merupakan suatu proses perjuangan yang cukup panjang, katanya.

Untuk Kabupaten Fafak saat ini masih memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) maka untuk meraih opini WTP tinggal selangkah lagi sambil membenahi pendekatan sistem manajemen berbasis akrual,  tutur Uswanas.

Kita mempunyai banyak hal kesamaan dengan Kabupaten Sorong, seperti masalah pengembangan peternakan sapi di Bomberai, sama seperti di Distrik Salawati Kabupaten Sorong, pengembangan pelabuhan, infrastruktur jalan dan lain sebagainya.

Yang lebih penting bahwa antara Kabupaten Sorong dan Fakfak keduanya sama di kluster 6 dalam konteks MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia), pungkas Uswanas.

Sementara itu, Bupati Sorong melalui Wakil Bupati Suka Hardjono, S.Sos, M.Si menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan silaturahmi Bupati Fakfak bersama rombongan yang telah berkunjung ke daerah ini.

Kepada rombongan SKPD dari Kabupaten Fakfak yang akan berkunjung ke beberapa instansi teknis terkait dengan pengelolaan keuangan bisa langsung menemui  SKPD tersebut secara leluasa berkaitan dengan data yang berkenaan,  seperti  langsung saja berkunjung ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Bappeda, Inspektorat tentang berbagai hal yang perlu diketahui sebagai bahan referensi atau pembanding lainnya. (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.