Biak Numfor di Percayakan Jadi Ibukota DOB Provinsi Teluk Cendrawasih

Lensapapua, Biak – Dalam Rapat pengusulan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Teluk Cendrawasih, Kabupaten Biak Numfor di pilih dan percayakan sebagai Ibukota Provinsi, hal ini disambut baik oleh Bupati Kabupaten Biak numfor Herry Ario Naap, Kamis (19/9/2019).

Merespon kepercayaan dalam mengupayakan DOB Provinsi Teluk Cendrawasih, maka pemerintah daerah Biak numfor akan mempersiapkan dan memberikan bangunan atau salah satu gedung yang akan digunakan sebagai sekretariat tim pemekaran provinsi teluk cendrawasih.

Herry Naap mengungkapkan, dalam mempersiapkan menuju DOB ini, akan menindaklanjuti dengan segera melihat wilayah/lokasi yang ada untuk dipersiapkan bagi pembangunan infrastruktur pemerintah Provinsi Teluk Cendrawasih ketika pada waktunya ditetapkan sebagai provinsi.

Bupati termuda ini juga optimis, dengan adanya daerah otonom baru ini maka akan mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Teluk saireri.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan ini, ada beberapa hal yang bersama-sama akan didorong untuk program secara nasional yaitu konektivitas yang terstruktur seperti program kesehatan dalam pencegahan stanting, serta mengusulkan dan mendorong ke Menko Maritim untuk tahun 2022 wilayah teruk saireri bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan sail teluk cendrawasih karena dengan begitu otomatis sisi pengembangan sektor pariwisata menjadi baik juga akan berpengaruh pada sektor pembangunan, infrastruktur dan ekonomi yang pastinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di wilayah teluk saireri.

Selain itu, dengan Biak numfor yang dipercayakan sebagai ibukota provinsi Teluk cendrawasih makan sekaligus bisa mendorong bandara Frans Kaisiepo Biak bisa kembali melayani rute Internasional.

“Kita tahu bersama, bandara Frans Kaisiepo pernah melayani rute luar negeri tapi karena satu dan lain hal dihentikan, tapi lewat asosiasi bupati teluk cendrawasih ini merupakan salah satu rekomendasi yang bisa mendorong agar rute penerbangan luar negeri maupun domestik lainnya bisa di buka kembali di Bandara Frans Kaisiepo Biak,” Pungkas Bupati Herry.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.