Published On: Kam, Jan 28th, 2016

Bahan-Bahan Makanan dan Minuman Kadaluarsa Sangat Membahayakan Konsumen

Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono, S,Sos., M,Si., saat melakukan penandatanganan berita acara pemusnahan barang-barang kadaluarsa.

Lensapapua–   Sesuai aturan dalam undang-undang perlindungan konsumen No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, yang dilakukan Dinas Perindustrian dan perdagangan melalui tim terpadu, kiranya merupakan satu langkah yang positif, sebagai tindakan  pengawasan terhadap barang-barang kadaluarsa yang sangat membahayakan konsumen yang ada diwilayah Kabupaten Sorong.

Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono, S,Sos., M,Si., dalam arahannya menyampaikan bahwa pengawasan  ini dilakukan menjelang perayaan-perayaan hari besar Idul Fitri dan tahun baru, karena pada hari-hari besar biasanya menjadi peluang besar bagi para distributor maupun pedagang untuk menjual barang-barangnya yang sudah expired, kata Suko, Rabu (27/1)

Menurut Suko kejadian-kejadian seperti ini juga banyak terjadi dibeberapa daerah lainnya, sehingga tanpa adanya pengawasan  yang dilakukan, maka bisa berdampak negatif bagi para konsumen yang ada.

Oleh sebab itu, dengan adanya satu pengawasan tersebut, kita harapkan kedepan bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama perhatian kepada biaya operasional tim pengawas lapangan, karena dengan keterbatasan anggaran juga bisa menjadi penghalang bagi tim pengawas dalam melaksanakan tugasnya, ujar Suko.

Dengan demikian, kedepan  akan semakin efektif efisien serta memberikan nilai yang lebih baik didalam pelaksanaan tugas pengawasan menyisir barang-barang kadaluarsa tersebut untuk dimusnahkan.

“ Menjadi catatan penting bagi pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait, dengan keterbatasan pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan karena dibeberapa perusahaan besar yang beroperasi diwilayah Kabupaten Sorong, yang juga mengambil barang-barang bahan makanan dan minuman dengan partai besar baik itu produk dalam daerah maupun dari luar daerah, tetapi masih ada juga barang-barang yang sudah tidak layak dikonsumsi, beber Suko.

Oleh karena itu, pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh tim pengawas  dan pihak terkait lainnya, yang telah melakukan tindakan ataupun langkah-langkah ini, agar dapat terus lebih ditingkatkan lagi dihari-hari mendatang, kata Suko. Red

https://www.lensapapua.com/wp-content/uploads/2018/02/new-header.png

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>