Api Sumpah Pemuda Harus Tetap Menyala

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XIV Kolonel Mar. Anif Hidayat bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 di Lapangan Mako Lantamal XIV, dengan Komandan Upacara (Danup) W.S Kadisyahal Lantamal XIV Mayor Laut (P) Imam Ibnu Hajar. Tema pada Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ini adalah “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

banner 325x300

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang dibacakan Irup “Delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul disebuah gedung di jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu Nusa, satu Bangsa dan satu Bahasa yaitu Indonesia. Kita tentu patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda, sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan Sejarah emas untuk bangsanya. Bandingkan dengan era sekarang hari ini, sarana transportasi umum sangat mudah untuk menjangkau ujung Timur dan Barat Indonesia hanya dibutuhkan waktu beberapa jam saja”.

Lebih lanjut Menpora mengatakan “Pada sebuah kesempatan, Presiden RI yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan: Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu Bangsa, dan satu Tanah Air, tapi ini bukan tujuan akhir. Pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api Sumpah Pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan”.

Hadir  dalam upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2017 di Mako Lantamal XIV, Aspers Danlantamal XIVKolonel Laut (KH) J. Suspurwanto, Asops Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Rapy Ta’dung, Dandenma Lantamal XIV Letkol Mar. Edial Tasman, S. Pd.. Dengan Pasukan Upacara terdiri dari kelompok Satsik, kelompok Pamen, kelompok Pama, Peleton Bintara, Peleton Tamtama Lantamal XIV, Peleton Bintara/Tamtama Yonmarhanlan XIV, dan Kelompok ASN Lantamal XIV serta perwakilan dari siswa Sekolah. Red/dispen

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.