5000 Orang Meriahkan Peringatan Bulan PRB 2017

Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana di Aimas Convention Centre, Kabupaten Sorong. Dok/red
Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana di Aimas Convention Centre, Kabupaten Sorong. Dok/red

Lensapapua, Tak kurang dari 2.000 orang menghadiri Pembukaan Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) tahun 2017 yang

diselenggarakan di Aimas Convention Centre Kabupaten Sorong, Senin (22/10/2017).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei dalam sambutannya mengatakan, investasi PRB perlu dilaksanakan secara fokus dan inklusif dalam pembangunan berkelanjutan agar manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Untuk itu, seluruh stake holders, pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan swasta harus memiliki komitmen kuat dalam upaya penanggulangan bencana”, kata Willem Rampangilei.

Mengusung tema “PRB Sebagai Investasi Pembangunan”, merupakan bentuk sinergi dari semangat Nawacita Presiden RI, Joko Widodo sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang menekanan PRB dalam pembangunan skala nasional hingga lokal.

Willem menegaskan, PRB bertujuan untuk melindungi pusat pertumbuhan ekonomi dari ancaman bencana sehingga pembangunan dapat terus berlangsung. Sebagai catatan, pemerintah telah menetapkan 136 kota/kabupaten seluruh Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dengan resiko bencana tertinggi.

“Jadi, PRB bukan sekedar pengeluaran anggaran. Tetapi sebagai investasi demi keberlangsungan pembangunan guna mendorong pertumbuhan ekonomi”, papar Willem.

Pada peringatan PRB tahun ini, Papua Barat ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan dengan mengambil lokasi di 4 daerah antara lain, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Tambrauw dan Kabupaten Raja Ampat.

Kegiatan tahunan itu dibuka oleh Kepala BNPB, Willem Rampangilei, Senin 22 Oktober dan ditutup di Kabupaten Raja Ampat 25 Oktober 2017. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.