Penerapan Permendagri No.130 Tahun 2018 Butuh Koordinasi Secara Berjenjang

Lensapapua-– Penerapan Paraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, dibutuhkan koordinasi secara berjenjang antar lurah dan Kadistriknya, sehingga dalam pelaksanaannya tidak menuai hambatan.

Demikian dijelaskan, Plt Sekda Kabupaten Sorong Ari Wijayanti, saat rapat koordinasi berlangsung antar lurah dan Kadistrik, yang turut dihadiri  Bupati  Johny Kamuru,  didampingi Wakil Bupati Suka Harjono,Inspektur Cliff Jabsennang, yang berlangsung di pendopo ruah jabatan Bupati Sorong, Rabu (6/5-2020).

 

Ari Wijayanti, yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala BPKAD Kabupaten Sorong  menyampaikan,  bahwa harus ada koordinasi dari lurah ke distrik agar Kepala distrik juga dapat mengawal penggunaan dana desa tersebut.

 

Ditambahkannya,  SPJ (surat pertanggungjawaban) harus dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu agar pemcairan dana pada masa berikutnya lebih mudah.

 

Selain itu, diharapkan dala pembuatan SPJ nantinya diharapkan bisa melampirkan bukti fisik beserta bukti dokumentasi kegiatan sebagai unsur pendukung dalam mekanise sistem pelaporan.

 

Selanjutnya, Bupati Johny Kamuru dalam arahannya mengharapkan agar para lurah nantinya dapat menggunakan dana kelurahan ini dengan baik.

 

Tentu lebih  fokus dan sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Sorong 2017-2022.

 

Menurutnya,  dana kelurahan nantinya bisa fokus pada program kegiatan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.

 

Bupati meminta laporan pertanggungjawaban harus sesuai dengan apa yang dikerjakan.

 

“Yang paling penting adalah program kegiatan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pertanggunjawabannya benar.” Jangan latihan lain, saat main lain lagi ceritanya,”ingat Bupati Johny Kamuru.

 

“Sementara itu,  Wakil Bupati Suka Harjono  menambahkan lurah bukan hanya diawasi oleh Inspektorat.”tapi juga oleh masyarakat.

 

Oleh sebab itu,  kiranya dana kelurahan nantinya dapat dipakai dengan baik untuk membangun kebutuhan masyarakat dan memberdayakan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

 

Turut hadir,  Plt. Kabag Pemerintahan serta Kabag Humas dan Protokol Setda Juan Flora Adeltje. (Red/Humas/yet/kk/2020)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW