banner 728x250 banner 728x250

13 Kepala Daerah Hadiri Raker Bupati/Walikota Se-Papua Barat

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua –  Bertempat dihotel ACC Aimas, Pemprov Papua Barat bekerjasama dengan Pemkab Sorong sebagai tuan rumah, selenggarakan Rapat Kerja (Raker) Bupati/Walikota se-Papua Barat selama dua hari yakni 20-21 Oktober tahun 2022. Kamis (20-10/22)

 

banner 325x300

Ketua panitia provinsi Papua Barat Robert Rumbekwan Asisten I Setda bidang pemerintahan dalam laporannya  mengatakan,  Raker Bupati/walikota se-Papua Barat tahun 2022 sesuai dengan UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 91 yang mengamanatkan Presiden dibantu Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota.

 

Selanjutnya diatur juga dalam PP No.33 tahun 2018 tentang tugas dan wewenang gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

 

Dan arahan umum presiden RI terkait kebijakan strategis nasional yang harus segera dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

 

Kemudian hasil kesepakatan pra Raker Bupati/walikota se-Papua Barat tanggal 13-10/2022 digedung Auditorium PKK provinsi Papua Barat Arfai Manokwari.

 

Radiogram gubernur Papua Barat No.130.1/42/GPB/2022 tanggal 17-10/2022 tentang pelaksanaan pemantapan evaluasi kerja pembangunan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat diprovinsi Papua Barat kepada para Bupati/walikota se-Papua Barat.

 

Tujuan dari pada Raker ini kata Robert, untuk menyatukan pemahaman antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam melakukan penekanan angka Inflasi didaerah.

 

Mendapat laporan tentang upaya pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota didaerah dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrim.

 

Mendapatkan laporan terkait penggunaan produk dalam negeri didaerah.

 

Melakukan evaluasi penyelesaian permasalahan pendidikan diprovinsi Papua Barat.

 

Melakukan monitoring evaluasi dan supervisi terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kita yang ada diprovinsi Papua Barat.

 

Mengkordinasikan kegiatan pemerintahan dan pembangunan antara daerah provinsi dengan kabupaten/kota yang ada diwilayahnya.

 

Meningkatkan sinergitas antara daerah kabupaten/kota dalam menciptakan hubungan yang harmonis antara provinsi dan kabupaten/kota.

 

Kegiatan Raker ini dihadiri Pj. Gubernur Papua Barat bersama para Asisten Setda dan Staff ahli dan pimpinan OPD se-Papua Barat,  kemudian peserta dari kabupaten/kota  dihadiri seluruh Bupati dan walikota se-Papua Barat, unsur TNI/Polri serta para tamu  undangan lainnya.

 

Adapun pemateri dalam Raker ini adalah Pj. Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari diwakili oleh Danrem, Kapolda Papua Barat yang disampaikan oleh Waka Polda, Kajati Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Kepala Bank Indonesia dan Ombudsman Papua Barat serta Doktor Agus Sumule.

 

Pembiayaan kegiatan ini bersumber dari APBD Provinsi Papua Barat dan APBD Kabupaten Sorong tahun anggaran 2022. Red

 

 

 

 

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.