Published On: Jum, Mei 5th, 2017

Upacara Adat Ketuk Pintu Di Distrik Klayili Kabupaten Sorong

Upacara adat di Distrik Klayili kampung Klawilis

Lensapapua–  PT. Pertamina EP dalam melaksanakan Survey Seismic 3D Klamasosa diawali dengan upacara adat ketuk pintu di Distrik Klayili Kampung Klawilis melibatkan tokoh-tokoh adat, ketua marga dari masyarakat pemilik hak ulayat dan masyarakat adat. Jumat (05/5)

Rencana PT. Pertamina EP dalam melakukan Survey Seismic di kawasan Klamasosa diawali dengan rangkaian upacara adat ketuk pintu dengan melibatkan masyarakat adat pemilik ulayat di lokasi dimana survey seismic dilaksanakan.

Dijelaskan manageman/tim humas PT. Pertamina EP Survey Seismic Klamasosa, Novian. melalui upacara adat tersebut merupakan komitmen pihak perusahaan sebagai sebuah bentuk rasa menghargai dan menghormati adat yang berlaku, dengan harapan agar survey seismic yang dilakukan mendapatkan hasil dan juga dukungan baik dari leluhur maupun Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Upacara adat ketuk pintu ini merupakan komitmen kami dari perusahaan sebagai bentuk menghargai dan menghormati adat Moi selaku pemilik ulayat dan pastinya kami berharap agar Tuhan memberikan kuasa sehingga kita memperoleh hasil berupa minyak disaat melakukan survey seismic” jelasnya mewakili Pimpinan PT. Pertamina EP.

Sementara itu, mewakili masyarakat adat Moi, ketua LMA Malamoi, Silas Ongge Kalami, mengatakan agar masyarakat mendukung rencana survey seismic ini. dan tidak melakukan aksi atau aktivitas apapun yang dapat menghambat jalannya survey seismic di kawasan Klamasosa.

“Mari kita berikan kesempatan agar perusahaan dapat bekerja, melihat potensi minyak dan gas di torang pu tanah ini, karena kalau ada yang mengganggu akan menghambat jalannya usaha pencarian sumber minyak”. Ujar Silas.
Ditambahkan Silas, kepada pihak perusahaan agar dapat memperhatikan generasi muda masyarakat setempat, untuk dapat dipekerjakan kelak diperusahaan ini. Pinta Silas.
Disisi lain kepala Distrik Klayili, Alberth A. Aparera. S. STP., mengatakan bahwa pada dasarnya pemerintah daerah tetap mendukung pihak perusahaan secara penuh. Dan dapat memperhatikan kepentingan masyarakat setempat yang hanya berjumlah 39 KK dan dinominasi marga Klaibin, DO dan marga Malak. ujar kepala Distrik.

Pelaksanaan Upacara adat ketuk pintu merupakan sebuah prosesi adat yang sangat penting, dan sesuai rencana, pelaksanaan suvery seismic dikawasan klamasosa akan dilaksanakan selama 18 bulan dengan menggunakan metode 3 dimensi. RED.

https://www.lensapapua.com/wp-content/uploads/2018/02/new-header.png

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>