Polres Sorong Mediasi Tuntutan Ganti Rugi Masyarakat Dengan Pemkab Sorong

20160831_120458

Lensapapua – Kapolres Sorong AKBP Moch. Rudi Prasetyo, S.Ik, menyatakan pihaknya siap memfasilitasi tuntutan ganti rugi antara masyarakat pemilik hak ulayat yang mengatasnamakan marga Kokmala dengan Pemda setempat. Rabu (31/8) di Mapolres Sorong.

Ada tiga titik pemalangan yang lakukan warga di kawasan Tiga Dara  SP4 Distrik Salawati tersebut, dengan tuntutan ganti rugi  yang diminta ke Pemkab Sorong  sebesar Rp 200 juta  tahun 2015 lalu.

Kita upayakan bagaimana agar pemalangan itu segera dibuka apakah masyarakat sendiri yang  akan membukanya atau nanti dari kita Polres yang akan melakukan pembukaan palangan itu nantinya, ujar Kapolres.

Polres Sorong Aimas saat menangani demo tuntutan ganti rugi masyarakat.

“Kita hanya mempertemukan  mereka dengan pihak Pemda agar masalah itu tidak berimbas akan mengganggu jalur jalan fasilitas umum di ketiga titik tersebut. Untuk pengamanan di lokasi itu kita turunkan personel Reskim dan Polsek Salawati masing-masing satu unit temasuk juga dari pihak Koramil setempat,” aku Prasetyo, yang didampingi Waka Polres Kompol Diaz Sasongko, S.Ik.

Soal  tuntutan itu mau dibayar atau tidak pada pertemuan nanti kita dari Polres belum tahu pasti. Hanya setelah mediasi dengan cara apapun kita tetap minta palangnya untuk segera dibuka.

Kita memang harus akui pemalangan itu merupakan bagian dari adat yang semestinya kita menunjung tinggi. Namun demikian kita sudah sekitar dua kali upayakan untuk menghilangkan pemalangan bagi kepentingan pribadi dan beda dengan politik.

Bahkan sekarang kita sudah siapkan pos untuk penanganan masalah pemalangan. Jika terjadi komunikasi putus antara pihak-pihak maka dibawalah ke Polres biar kita tahu secara pasti sebenarnya apa sesungguhnya hal itu terjadi.  Misalnya dia mau ketemu salah satu pejabat SKPD tersebut ya kita okekan saja, tapi dengan catatan seusai pertemuan itu palangnya langsung dibuka, imbaunya. (rim/red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.