Perekrutan Calon Anggota MRPB Harus Yang Berkualitas

LensapapuaР Musyawarah unsur adat dan unsur perempuan dalam rangka penjaringan dan pemilihan calon anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) periode 2017-2022 Kota Sorong berlangsung Rabu dan kamis (5-6/4/2017) di Aula SMK YPK Imanuel Sorong.

Walikota Sorong, Lambert Jitmau berpesan agar panitia seleksi melihat secara baik, melakukan seleksi dengan mengutamakan figur yang memenuhi persyaratan tanpa ada kepentingan lain-lain.

“Yang diharapkan, harus rekrut yang betul-betul punya kemampuan bagus, jangan asal-asalan, dibutuhkan orang yang energik yang punya kemampuan untuk duduk di lembaga ini, yang memperjuangkan kepentingan masyarakat adatnya lewat produk hukum yang dipakai sebagai payung hukum yang melindungi semua keputusan di wilayah adatnya masing-masing,” jelas Walikota, yang ditemui Kamis (6/4/2017).

Sementara itu, Ketua Panitia penjaringan dan pemilihan calon anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) Kota Sorong, Jermias Gemenop mengatakan, dasar pelaksanaan acara musyawarah tersebut didasari UU RI No.35 tahun 2008 tentang otonomi khusus bagi Provinsi Papua dan Papua Barat, PP No.54 tahun 2008 tentang MRP, Perdasus Provinsi Papua Barat No. 04 tahun 2016, Perdasi No.3 tahun 2016, Peraturan Gubernur Papua Barat No.2 tahun 2017 dan SK Gubernur Provinsi Papua Barat No. 061/66/3/2017.

“Musyarawah ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada warga masyarakat bahwa MRPB adalah lembaga presentasi kultur Orang Asli Papua (OAP) yang memiliki kewenangan mengangkat harkat dan martabat OAP sebagai warga yang istimewa,” ujar Ketua Panitia penjaringan dan pemilihan calon anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) Kota Sorong, Jermias Gemenop.

Adapun musyarawah tersebut dibagi dalam 3 sesi, yakni musyawarah sesi perempuan, musyawarah sesi adat dan musyawarah sesi pemaparan makalah/karya tulis dan visi misi dari calon terpilih dari hasil musyawarah, dari 10 orang tersebut, akan dikirimkan ke Provinsi untuk diseleksi oleh panitia secara ketat sampai dihasilkan 2 orang terpilih. (yud/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.