Pemkab Sorong Peringati Hari Otonomi Daerah Ke-XXIII

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua–   Pemerintah daerah Kabupaten Sorong dilapangan apel halaman kantor bupati laksanakan upacara memperingati hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXIII tahun 2019. Dengan tema” Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan Otda yang kreatif dan inovatif”.

banner 325x300

 

Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono, S. Sos.M.Si., dalam sambutan tertulis Mendagri Tjahjo Kumolo yang dibacakan mengatakan bahwa peringatan hari Otda ini merupakan repleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia.

 

Lanjut dikatakan Suko, perjalanan Otda pasca repormasi hingga saat ini mengalami banyak kemajuan, khususnya dalam bidang pembangunan, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

 

Disamping itu, daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.

 

Setidaknya ada 3 hal prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan Desentralisasi dan Otonomi daerah.

 

Yaitu: Otda secara nyata mendorong budaya demokrasi ditengah kehidupan masyarakat. Serta mampu memberikan nuansa baru dalam sistim pemerintah daerah.

 

Otda juga telah menumbuhkembangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat serta mengemukakan pendapat secara terbuka.

 

Dan hal yang ketiga, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi melalui proses panjang dan berbeli-belit. Jelas Suko. Red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.