Site icon Lensapapua.com

Ketua Umum Sinode Gereja Bethel Indonesia : Kemitraan Ciptakan Kehangatan Persekutuan dan Sinergi Yang Saling Menguatkan

Pdt. Rubin Adi Abraham. Ketua umum sinode Gereja Bethel Indonesia.

Lensapapua –  Bertempat digedung ACC Aimas Kabupaten Sorong, pembukaan Sidang Majelis Daerah Gereja Bethel Indonesia/ GBI Provinsi Papua Barat Daya tahun 2023 dengan Thema “Jadikanlah semua bangsa muridku”, Kita sehati menuntaskan amanat agung.

 

Ketua umum Sinode Gereja Bethel Indonesia, Pdt. Rubin Adi Abraham, dalam sambutannya menuturkan bahwa dalam membangun Kemitraan sangatlah penting, kemitraan menciptakan kehangatan persekutuan dan sinergi yang saling menguatkan, saling berbagi pengalaman dan informasi, ujarnya. Selasa ( 30-05/23)

 

Menurut Pdt. Rubin, Ada 3 tingkatan pertumbuhan antara lain yakni : Dependent, Independen (otonom) dan interdependent (mandiri tapi berjaring)

 

Gereja harus bermitra dengan pemerintah daerah, Paulus sebagai bapa rohani membangun kemitraan gereja gereja lokal yang otonom dengan pola Apostolik.

 

Pola Apostolik ini bisa dikembangkan dengan menjalin hubungan dengan gereja gereja otonom lain, bersatu memberi payung /pengayoman rohani. tanpa harus menjadikan cabang (kecuali gereja yang memang dirintis gereja induk otomatis adalah gereja cabang).

Pdt. Rubin A. Abraham (kiri)

Perkembangan kemitraan untuk penuntasan amanat agung tentang pelayanan Apostolik, GBI lebih menekankan fungsi dan bukan oposisi (gelar) pungkas Rubin.

 

Ada lebih dari 3 juta anggota Jemaat dalam Jendral atau Mitra kita pada Tahun 2022 yang lalu dimasukkan ke dalam tata gereja tetap sebagai Mitra tetap untuk berkontribusi bagi gereja di 185 negara sehingga kita bisa menjadi berkat bagi bangsa-bangsa

 

Tata Gereja GBI juga kini telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris sehingga membuka kesempatan untuk Jemaat dari berbagai negara bisa bergabung dalam wadah internasional atau IBC yang adalah sebutan untuk GBI di luar negeri.

 

BPP telah mendirikan sekitar 50 gedung gereja baru untuk gereja lokal yang telah berdiri sekitar 10 tahun namun kondisi gedung gerejanya sangat memprihatinkan ini disebut sebagai Battle Project dengan biayanya Rata-rata 150 juta untuk satu gereja.

Pj. Bupati Sorong JP. Moso saat menghadiri sidang sinode Gereja Bethel Indonesia

Kita mendapatkan sponsor dari gereja lokal dari perusahaan atau pribadi. Selain itu BPP badan pengurus pusat gaming juga telah menyalurkan Miliaran rupiah untuk men-support ratusan GBI yang gedung gerejanya direnovasi di berbagai tempat kantor-kantor BPD misalnya DPD di Sorong Raya di pegunungan Tengah Papua BPD Sulawesi Barat Riau Bekasi Jawa Barat dan lain-lain.

 

GBI telah memiliki menara doa sinode GBI 24 jam sehari melalui zoom.id 681.77.000 dengan password MDS atau Menara Dua sinode bahkan setiap hari Rabu jam 10.00 Waktu Indonesia Barat Ada PHPS (persekutuan hamba tuhan Sehati) yaitu pembekalan yang dilakukan oleh ketua umum para ketua-ketua DPP dan Para pengurus yang lain serta dosen STT Battle Indonesia. Bebernya

 

Selanjutnya kita juga telah membuat road map GBI hingga 2035 sehingga strategi dan program sinode GPI akan berkesinambungan walaupun ketua umum dan pengurusnya berganti-ganti ini akan membuat GBI mengalami kemajuan karena dasar yang baik yang telah diletakkan dapat terus dilanjutkan.

Road map bagannya kira-kira seperti ini hingga tahun 2023 ada 7.200 GBI BPP telah memiliki ISO yang terus dipertahankan ada kill performance catter TPI dan semua BPD di atas sudah punya kantor pemulihan dan komunitas.

 

GBI juga sudah punya aplikasi sinode dan asuransi jiwa diberikan kepada gembala sidang yang gereja lokalnya setiap mengembalikan persepuluhan minimal 60% per tahun atau 7 bulan dalam 12 bulan hingga 2027.

 

Kita mengharapkan ada 8.500 GBI sistem ISO dan CPI itu juga Mulai diturunkan ke BPD kantor BPD akan dilengkapi. GBI transformasi media kita mempengaruhi banyak aspek dalam masyarakat ini dengan konten yang positif sekolah-sekolah umum pun makin berkembang.

 

Didirikan museum GPI supaya generasi muda bisa belajar nilai-nilai yang telah diletakkan oleh Founding Father kita hingga 2031 kita harapkan 10.000 GBI tercapai ada Universitas center terpadu di setiap BPD ada Koperasi masyarakat Kristen yang meluas ke berbagai daerah kader-kader politik dari Jemaat mulai bermunculan dan kita bisa mengutus tidak hanya 10 jurnalis ke luar negeri dan

 

Kita bukan hanya menjadi berkat bagi gereja tapi kita menjadi garam dan terang dunia selanjutnya kita harus terus menekankan pengajaran Pentakosta. Pemilihan ketua GPDI sangat penting sehingga harus memilih orang yang memenuhi syarat dan berkorban bagi umat, bukan untuk mencari penghidupan tapi menghidupkan orang lain, pungkas Pdt. Rubin. Red

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Exit mobile version