pakta Integritas Berkaitan Dengan SPIP

Cliff Japsenang

Lensapapua –  Kepala Inspektorat Kabupaten Sorong Cliff Jabsenang, S.Sos, M.Si menyatakan dalam setiap kegiatan penyerahan Dokumen Penggunaan Anggaran harus  melakat sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomo 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, ujarnya di Aimas, Senin (26/1).

Sistem Pengendalian Internal adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, yang selanjutnya disingkat SPIP, adalah Sistem Pengendalian Intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Pengawasan intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik Inspektorat Kabupaten/Kota adalah aparat pengawasan intern pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada bupati/walikota.

Hal ini perlu diketahui bersama dari semua SKPD yang ada, sehingga proses internal tersebut melekat dalam DPA. Mengapa demikian?  Karena dalam proses DPA harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Kita bekerja harus tetap mengacu pada ketentuan dan mekanisme yang ada. Sehingga semuanya bisa dilaksanakan sesuai dengan harapan. Makanya penting bagi kita dalam melaksanakan berbagai kegiatan selaku pengguna anggaran agar bisa berjalan yang disertai  dengan pengawasan melekat dari internal pemerintah. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.