Melalui UU ASN Diharapkan Aparatur Yang Handal

20150424_122250

Lensapapua –Bupati Sorong, melalui Sekda Dr. Ir. Albertho H. Solossa, M.Si, mengemukakan, dengan adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tantang Aparatur Sipil Negara, diharapkan aparatur yang handal, ujarnya di Aimas, Jum’at (24/4).

Jika aturan ini diterapkan sesuai dengan amanat UU ASN di maksud, maka ke depan kinerja dari aparatur bisa dilaksanakan dengan baik. Artinya, kata Sekda Solossa, Reformasi Birokrasi terkait dengan apa yang menjadi hak dan kewajiban dari aparatur sipil negara terkait dengan rewards.

Lanjutnya, seorang pegawai negeri sipil kalau menerima upahnya harus seimbang  dengan kinerjanya. Hal ini dilakukan, karena selama ini dievaluasi dari seluruh pegawai  di pemerintahan antara yang malas dengan pegawai yang rajin melaksanakan tugasnya di kantor, tapi  gajinya sama.

“Jadi bagi pegawai yang kerjanya baik, maka dia akan menerima gaji setimpal  dengan apa yang ia lakukan. Begitu pula sebaliknya, dan jadi benang  merahnya di situ,” beber Solossa.

Sekda Solossa merinci,  sumber gaji yang akan diterima oleh seorang  PNS  terkait dengan haknya, yakni gaji, tunjangan kemahalan dan tunjangan kinerja daerah.

Ia menambahkan, kerajinan seorang pegawai tergantung dari pimpinannya. Kalau ada penegasan pimpinannya, bahwa jika saudara melalaikan tugas dalam sehari tidak bekerja, maka konsekuensinya sekian persen gajinya dipotong.

Contohnya saja, seperti yang disampaikan oleh salah satu pegawai dari Kementerian Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat simposium kemarin di Manokwari, menjelaskan, jika terlambat sekian menit saja, maka gajinya akan dipotong nol koma sekian rupiah, pintanya.

Nanti segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan atau tanggungjawab dalam tugas kedinasan diterapkan melalui informasi dan teknologi.  (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.