banner 728x250

Indahnya Kebersamaan Melalui Berbagi Hewan Qurban

banner 120x600
banner 468x60

20141005_095719

Lensapapua–  Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sorong H. Anderson Miyage, S.Pd.I mengatakan jumlah hewan kurban yang disalurkan pada beberapa distrik di daerah ini  dalam perayaan Idul Adha 1435 H (2014 M) sebanyak 313 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

banner 325x300

“Jika dibanding dengan Hari Raya Idul Adha tahun lalu, jumlah hewan kurban berupa sapi sebanyak 150 ekor, dan mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” ujarnya,   ketika media ini mendatangi kediamannya, Minggu (5/10).

Peningkatan sejumlah hewan kurban itu, seperti beberapa jamaah di lingkungan RT 04/RW 01 Kelurahan Makbusum Distrik Mayamuk, mereka membuat satu  kelompok terdiri dari 7 orang  dengan cara iuran setiap bulannya.

Dari hasil yang dikumpulkan itu  bisa membelikan seekor sapi, bahkan cukup banyak yang mereka lakukan  dengan cara seperti itu,  sehingga jumlah hewan kurban yang terkumpul mengalami peningkatan.

Dari 313 ekor sapi itu, kemudian disalurkan sesuai dengan jumlah masjid yang ada di setiap distrik. Seperti di Distrik Salawati Selatan  jumlah masjidnya hanya satu, dan hewan kurban yang diberikan satu ekor sapi.

“Sebenarnya hakiki dari kurban sendiri adalah sebagai wujud menjalin kebersamaan dalam lingkungan sosial kemasyarakatan. Jadi hewan yang disembelih itu bukan saja diberikan kepada  fakir miskin, yatim, piatu, tapi bisa diberikan juga kepada saudara kita yang beragama lain,”ucap Miyage.

Dari pantauan media ini, pelaksanaan sholat Ied dipusatkan di alun-alun Aimas, dan nampak hadir sejumlah pejabat seperti antara lain Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, S.Sos, M.Si, Kapolres AKBP Muh. Anwar Nasir, S.Ik,   Asisten II Setda H. Abdul Gani Malagapi, sejumlah pejabat sipil, TNI dan Polri serta jamaah lainnya.

Sementara itu, jumlah hewan kurban untuk di wilayah Kotamadya Sorong yang berhasil disalurkan, dengan jumlah sapi sebanyak 451 ekor dan kambing dua ekor.

Secara umum suasana Hari Raya Idul Adha tahun ini pada kedua daerah yang berbatasan langsung itu, berlangsung  penuh  khidmat, lancar dan sukses. Hal ini ditandai dengan cuaca yang begitu cerah sepanjang hari. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.