Hutan Miliki Peran Penting Bagi Kehidupan Manusia

Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono, S.Sos.M,Si. saat membawakan sambutan pd keg Sosialisasi KPHP.

Lensapapua–  Hutan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, mulai dari menjaga tata air yang merupakan sumber kehidupan, pengendali keseimbangan ekosistim dan menjadi sumber penyedia Oksigen untuk bernafas serta menjaga suhu dipermukaan bumi.

Kaitan dengan hal ini kata Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono, S.Sos.,M,Si.,dalam sambutannya mewakili Bupati pada pembukaan kegiatan “Sosialisasi rencana pengelolaan hutan tingkat tapak KPHP Sorong diwilayah Kabupaten Sorong”,  sehingga dibuatlah formula tentang konsep jasa lingkungan, dimana setiap orang yang menerima manfaat dari keberadaan hutan harus ikut berkontribusi menjaga hutan, agar hutan tetap terjaga dan bisa berfungsi secara optimal.

Hal ini sudah ditegaskan dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yakni “ Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandungdidalamnya, dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat”.

Kemudian dalam UU No 41 tahun 1999 juga telah diamanatkan, pembentukan wilayah pengelolaan hutan harus dilaksanakan ditingkat provinsi, kabupaten/kota. Dalam bentuk unit-unit Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) terkecil sesuai fungsi pokok dan peruntukkannya yang dapat dikelola secara efisien dan lestari.

Menurut Wakil Bupati, pengelolaan dan pemanfaatan hutan yang baik yang selalu ada dalam keseimbangan akan menjamin kelestarian fungsi hutan, hal ini juga merupakan pelaksanaan managemen pengelola sumber daya hutan agar tetap berfungsi secara optimal dan lestari yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dalam kawasan hutan, dengan tetap menghargai dan menghormati nilai-nilai kearifan lokal kepemilikan ulayat diwilayah Pemkab Sorong.

Pengelolaan hutan tingkat tapak atau yang disebut Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) merupakan sistim yang dapat menjamin terwujudnya kelestarian fungsi dan manfaat hutan, baik dari aspek Ekonomi, Ekologi maupun sosial.

Sesuai diawal perumusan KPH tahun 2011 oleh Menteri Kehutanan, bahwa “ Hutan menjadi perhatian Nasional dan dunia. Yang merupakan tindak lanjut kesadaran manusia akan daya dukung hutan dalam menopang kehidupan manusia yang berkwalitas.

Oleh karena itu, sebagai pemerintah daerah menyampaikan terimakasih kepada Dinas Kehutanan dan para pihak terkait lainnya atas penyelenggaraan kegiatan sosialisasi ini, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat dan pemahaman kepada masyarakat, tentang keberadaan KPHP Sorong, dan rencana pembangunan dan pengelolaan hutan melalui umit-unit pengelolaan KPHP Diwilayah Kkabupaten Sorong, kata Wakil Bupati. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.