Published On: Sel, Sep 27th, 2016

Festival Seni Budaya Se-Papua Barat Akan Digelar di Kabupaten Sorong

george-silemasi-kabid-kesenian-papua-barat

Lensapapua – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Papua Barat, melalui Kabid Kesenian George  Wilemasi mengatakan kegiatan festival seni budaya Papua tingkat provinsi merupakan kegiatan ke empat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sorong.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan pelestarian nilai-nilai seni dan budaya yang ada di Papua Barat, sehingga bagaimana kita bisa mengukur pembinaan seni dan budaya yang sedang berlangsung di berbagai kabu/kota di wilayah ini, ujarnya di Aimas, Senin (26/9).

Ada 7 mata lomba yang akan dilaksanakan, yakni di antaranya 6 mata lomba festival bersifat kompetisi dan satu mata lomba non kompetisi  yang bersifat eksebishi. Mata lomba kompetisi terdiri dari tari kreasi, lomba cipta lagi,lomba musik  tradisional, lomba kuliner Papua dan lomba seni budaya, urainya.

Sedangkan lomba non kompetisi adalah eksebishi tari tradisional. Sedangkan rencana kegiatannya akan berlangsung 5-8 Oktober mendatang  berpusat di alun-alun Aimas, yang melibatkan 12 kabupaten dan satu kota di wilayah Papua Barat.

Sasarannya untuk menghidupkan kembali  seni budaya agar bagaimana masyarakat bisa melestarikan nilai seni budaya yang saat ini mulai hilang sebagai akibat masuknya pengaruh  seni-seni modern  dari luar Papua ini, Sehingga generasi muda kita sekarang lebih tertarik seperti  dance-dance dan lainnya akan berpengaruh langsung ke seni budaya kita yang sudah mulai

dikurangi,  katanya.

Sementara dari sisi pendanaan untuk mendukung terselenggaranya kegitan festival seni budaya ini , sambung George karena ini merupakan kegiatan rutin dan wajib dari provinsi, sehingga dananya sudah kita siapkan sebesar Rp 1,7 miliar dari DPA Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Papua Barat tahun 2016. (rim/red)

 

https://www.lensapapua.com/wp-content/uploads/2018/02/new-header.png

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>