Dominggus Mandacan: MTQ Sarana Hasilkan Tatanan Keagamaan Lebih Bermartabat

Pembukaan MTQ Ke-VII Provinsi Papua Barat di Alun-alun Aimas Kabupaten Sorong, Senin (7/5/2018). Dok/rim

Lensapapua, Tuntunan kitab suci yang dianut harus sesuai dengan koridor nilai keagamaan  serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masing penganutnya secara lebih baik dan benar.

Demikian sambutan Gubernur Dominggus Mandacan pada pembukaan Musbaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) VII tingkat Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Alun-alun Aimas, Senin (7/05) semalam.

Momentum penyelenggaran MTQ maupun Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) sebagai sarana untuk mengkaji isi kandungan serta berbanding lurus  dengan konsep kekinian  dari konsep-konsep nilai agama  bagi penganutnya, sebut Mandacan,

Menurutnya, pendalaman iman masing-masing penganut  dalam pemahaman nilai-nilai agama  yang dikandung  serta struktur nilai moral dalam  kehidupan sosial kemasyarakatan melalui hukum formal, sehingga menghasilkan tatanan keagamaan yang lebih bermartabat, harap Gubernur Papua Barat.

Acara pembukaan ditandai dengan devile kontingen dari 12 kafilah, yakni Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Raja Ampat, Maybrat, Sorong Selatan, Tambrauw, Fakfak, Kaimana, Kabupaten Sorong, dan Kota Sorong.

Dilanjutkan dengan pengibaran bendera MTQ, menyanyikan himne MTQ serta penyerahan piala bergilir dari Bupati Kaimana kepada Gubernur Papua Barat, dan berikutnya langsung diserahkan kepada Ketua Umum LPTQ (Lembaga Pengkajian Tilawatil Qur’an) Papua Barat, serta langsung ditempatkan pada mimbar kehormatan.

Dan piala bergilir tersebut untuk kembali diperebutkan oleh setiap kafilah dari berbagai utusan daerah. Kegiatan MTQ akan berakhir Sabtu 12 Mei mendatang. rim/red

Berita terkait

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.