Dianugerahi Gelar Adat, Ini Tugas Herry A. Naap Sebagai Mambri Sami Babo

Lensapapua, Herry Ario Naap sebagai anak adat Kabupaten Biak Numfor sekaligus Bupati terpilih Kabupaten Biak Numfor periode 2019-2024 mendapatkan penghormatan gelar adat atau pemberian nama adat “Mambri Sami Babo” dengan melalui berbagai tahapan adat yang telah dilaksanakan oleh keluarga dan masyarkat adat di Kampung Napdori Distrik Swandiwe Biak Numfor, Selasa (12/3/2019).

Sekjen Lembaga Adat Kain Karkara Biak (KKB) Kabupaten Biak Numfor Malek Kmur mengatakan pemberian gelar adat ini adalah sesuatu yang sakral, dan Herry A Naap adalah Bupati pertama di Biak Numfor yang mendapat gelar adat, jadi ia berharap agar dengan pemberian gelar adat ini kedepannya Bapak Herry A Naap bisa terus menjunjung tinggi adat istiadat serta mengangkat nilai nilai budaya yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

Dalam kesempatan ini juga Herry A Naap atas nama pribadi merasa bersyukur dan berterimakasih atas pemberian gelar adat oleh keluarga dan secara khusus kepada Me (Om/saudara laki-laki dari mama) yang telah memberikan gelar Mambri Sami Babo padanya untuk bisa melindungi keluarga serta seluruh masyarakat yang ada di seluruh Kabupaten Biak Numfor.

“Atas nama pribadi saya menyampaikan terima kasih atas pengukuhan gelar adat yang diberikan oleh Me kepada saya, semoga dengan gelar yang diberikan bagi saya hari ini menjadi tanggung jawab bagi saya untuk terus melindungi dan menjaga masyarakat di kabupaten Biak Numfor,” tutur Herry.

Prosesi penganugerahan gelar adat Mambri Sami Babo kepada Herry Ario Naap. Dok/red
Prosesi penganugerahan gelar adat Mambri Sami Babo kepada Herry Ario Naap. Dok/red

Ia menjelaskan bahwa gelar yang diberikan kepadanya ini bukanlah gelar yang gampang didapat oleh siapapun karena harus melalui berbagai proses tahapan adat terlebih dahulu,serta memiliki arti yang sakral dari cerita leluhur kampung Napdori yang menceritakan tentang seorang Pemuda adat yang berhasil melawan dan mengalahkan seekor naga hingga di sebut Mambri Sami Babo.

“Seperti itulah gambaran kepada saya, setelah menghadapi berbagai tantangan, cobaan dan perlawanan tapi akhirnya atas ijin Tuhan saya bisa melewati itu dan saya dipercayakan oleh masyarakat sebagai Bupati kabupaten Biak Numfor,” ungkapnya.

Herry mengatakan dengan gelar Mambri Sami Babo yang diberikan kepadanya ini menjadi tugas dan kewajibannya sebagai anak adat di tengah-tengah keluarga besar dan masyarakat adat, juga harus bertanggung jawab, membela masyarakat dan harus memperhatikan kearifan lokal melindungi dan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Biak Numfor.

Sebelumnya juga dilakukan prosesi adat memberian gelar Binsyowi kepada Ibu Ruth Rumkabu sebagai istri dari Bapak Herry A Naap Bupati Terpilih Kabupaten Biak Numfor. Upacara adat ini di hadiri oleh Usur Forkopimda, pimpinan TNI polri, serta di padati oleh masyarakat yang melihat dan mengikuti prosesi adat ini. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.