Dalam Diri Seorang Guru Melekat Empat Kompetensi

banner 120x600
banner 468x60

Festus Simbiak

Lensapapua–  Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Festus Simbiak mewakili Mendiknas dan Dirjen pendidikan tinggi menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan/ti STKIP yang telah berhasil menyiapkan sumber daya manusia (SDM) strategis untuk tanah Papua. Dengan diwisudanya sebanyak 140 orang mahasiswa Strata satu (S1) dari berbagai jurusan pada hari ini, Sabtu (8/11-2014).

banner 325x300

Dalam sambutan nya Simbiak menjelaskan bahwa “para wisudawan/ti ini adalah Intelektual-Intelektual muda yang akan membangun bangsa ini kedepan”, dengan melaksanakan amanah mengajar para siswa kesegala penjuru dunia ini khususnya diwilayah Papua dan Papua Barat untuk bisa memanfaatkan ilmu yang sudah diterima dari STKIP, tutur Simbiak.

Sesuai dengan laporan yang diterimanya bahwa lulusan STKIP angkatan ke-VII saat ini banyak yang meraih hasil nilai Cumlaud, sangat memuaskan dan memuaskan, dalam jenjang waktu 4 tahun dengan 155-160 SKS hanya ada 4 kompetensi yang diberikan yakni kompetensi Pedagogi,kompetensi professional, kompetensi personal kompetensi sosial, inilah kompetensi yang melekat pada diri seorang guru, maka tugas seorang guru bukan hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga mendidik siswa tersebut untuk menjadi manusia yang dewasa, olehnya itu semua metode yang sudah diterima dibangku kuliah harus bisa dicermati dengan baik, himbaunya.

Dengan demikian diharapkan agar makna dari keempat kompetensi ini dapat dijabarkan secara meluas, sehingga hubungan sosial dengan orang lain bisa nampak dalam pribadi sebagai orang yang bisa diteladani,  kepada seluruh pengurus STKIP,  Simbiak menitipkan pesan untuk bisa “ Kelola STKIP ini menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sehat”, karena dari sisi legalitas sudah sempurna, tapi kalau sudah sehat dan bagus  maka harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan, jangan dibiarkan mahasiswa sampai tidak kuliah, imbuhnya.

Melalui kesempatan ini Simbiak menyampaikan terimakasih kepada seluruh unsur yang turut membantu terlaksananya pembangunan dan sistim pendidikan di STKIP ini, secara khusus kepada Bupati Sorong Stepanus Malak yang telah memberikan segala bantuan  dalam bentuk apapun sehingga STKIP bisa seperti yang saat ini ada, termasuk kepada unsur TNI/Polri yang juga selalu siap menjamin keamanan didaerah Kabupaten Sorong yang kita cintai ini, pungkas Simbiak. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.