Beberapa Faktor Pemicu Minimnya Penanganan Masalah Kesehatan Ibu Dan Anak

banner 120x600
banner 468x60

20141020_115213

Lensapapua– Ada beberapa faktor pemicu dalam menangani masalah kesehatan ibu dan anak di antaranya  dipengaruhi oleh budaya atau kebiasaan hidup masyarakat, maka dengan kegiatan jambore ini akan memperkuat kapasitas pembinaan posyandu yang diformalkan dalam berbagai kegiatan lebih baik, sehingga dapat membentuk mental dari para kader posyandu agar dapat melaksanakan tugasnya pendampingan pada ibu dan anak di masing-masing wilayah kerjanya, ujar Bupati Sorong, Dr. Drs. Stepanus Malak, M.Si di Aimas, Senin (20/10).

banner 325x300

Berikutnya untuk membangun komunikasi antara para media dengan kader posyandu, sebab hampir sebagian besar tenaga medis yang ada  di tempat itu juga membutuhkan komunikasi dalam hal terkait dengan masalah  penanganan pada masing-masing kasus dimaksud, katanya.

“Mengapa demikian. Sering dijumpai di berbagai kampung dalam penangan suatu kasus kurang cepat maka kalau ada resiko yang disalahkan adalah tenaga medis. Hal seperti itu memang banyak terjadi,”ingatnya.

Ia mencontohkan, ketika bertugas di Distrik Fef waktu itu, dan kebetulan seorang ibu  melahirkan  selama tiga hari tapi tak bisa. Terpaksa  saya perintahkan agar helikopter yang saya tumpangi itu harus membawa ibu hamil itu ke  salah satu rumah sakit di  Sorong untuk mendapat penanganan medis. Dan setelah itu helikopter kembali menjemput saya, kenang Bupati Malak.

Seandainya saat itu tidak ada  helikopter maka pastinya ibu hamil itu meninggal, tapi dengan bantuan itu maka sang ibu dan anak juga selamat. Terkait hal itu maka kita di Papua masih ada hal yang perlu mendapat penanganan khusus dalam memampukan masyarakat kita menyangkut keselamatan ibu dan anak, jelas Bupati  Malak.

Acara pembukaan posyandu ditandai dengan pelepasan  sejumlah balon gas oleh Bupati Stepanus Malak dan diiringi dengan drumband Marching band dari SMPN 1 Sorong, yang turut disaksikan oleh para hadirin.

Turut hadir, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Nansy Malak Karundeng, SE, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Hj. Rosmini Suka Hardjono, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Selvy Solossa, para pimpinan SKPD terkait,  serta tamu undangan. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.