banner 728x250

Aparat Kampung Diberi Kewenangan Kelola Anggaran Kucuran APBN

banner 120x600
banner 468x60

Komputer 3 YUDI

Lensapapua – Ketua DPD Jaringan Pemberdayaan Generasi Muda- Unit Papua Barat (JPGM-UPB) Samsir Ribo mengatakan,  dari hasil evaluasi tim pembimbing khusus untuk pelatihan komputer bagi 19 aparat kampung yang ada di tiga distrik, yakni Distrik Mayamuk, Salawati dan Distrik Seget, dinilai  sudah di atas 70 persen.

banner 325x300

“Artinya,  sisa dari itu sebanyak 30 persen, belum bisa berjalan sebagai akibat belum ada jaringan listrik menjadi salah satu faktor kendala utama,” ujarnya di Aimas, Sabtu (5/7).

Menurutnya,  dengan pemberian perangkat ini ada azas manfaat dalam rangka mendukung  program dan rencana kerja aparat kampung dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan yang telah dilakukan sejak diawali dengan tahapan sosialisasi, pelatihan dan peran aparat kampung dan pelatihan kompueter ini, ia berharap para peserta bisa memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh dalam rangka menunjang tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi ke depan, tugas-tugas aparat kampung semakin besar tanggungjawabnya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa. Dimana setiap desa (kampung) akan diberi kewenangan langsung untuk mengelola keuangan yang langsung dialokasikan dari APBN, dan menurut rencana Rp 1 miliar per desa (kampung) di seluruh Indonesia.

“Sebenarnya tugas kepala kampung kalau di tingkat kabupaten sebagai bupati, dan  badan pengawasan kampung  atau bisa dikata sebagai DPRD, maka dalam proses pemanfaatan setiap anggaran yang masuk harus saling  koordinasi,” kata Samsir Ribo.

Dan tak bisa seorang kepala kampung secara sewenang-wenang memanfaatkan kewenangannya itu tanpa ada koordinasi, karena keduanya juga di SK-kan oleh bupati, dan hanya tugas dan fungsinya saja yang sedikit berbeda. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.