Alat Kelengkapan Dewan Akan Bahas Materi LKPJ

banner 120x600
banner 468x60

IMG_6091

Lensapapua–  Sebagaimana dimanatkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 tahun 2007, Maka Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Sorong, sebagai salah satu alat kelengkapan dewan, dengan segera menyusun jadwal persidangan untuk membahas materi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) sesuai mekanisme persidangan.

banner 325x300

Selanjutnya alat kelengkapan dewan yang mendapat persetujuan Pleno dewan akan membahas dan mengevaluasi materi LKPJ akhir T/a 2014 terkait dengan program kerja pemerintah daerah Kabupaten Sorong tahun 2015, demikian disampaikan ketua DPRD Kabupaten Sorong, Adam Klow SH.,S.PAK. saat memimpin pembukaan sidang LKPJ Bupati Sorong akhir T/a 2014.  Senin (11/5)

Lanjut dijelaskan Adam, bahwa output dari pembahasan dan evaluasi dewan terhadap materi LKPJ akhir T/a 2014 adalah berupa rekomendasi catatan-catatan strategis yang berisi saran, masukan atau koreksi terhadap pemerintah Kabupaten Sorong, dalam penyelenggaraan urusan Desentralisasi, tugas pembantuan maupun tugas umum pemerintahan.

Kemudian kata Adam, untuk menilai program dan kegiatan yang dilaksanakan harus memperhatikan RKPD dan APBD T/a 2014, dan jika ada program yang dilaksanakan tapi tidak dilaporkan, maka harus menjadi koreksi bagi Badan Anggaran (Banggar) Dewan.

Demikian pula dengan realisasi program dan kegiatan, apabila realisasinya kurang dari 90%, artinya ada permasalahan, sehingga realisasinya tidak maksimal, jika hal ini terjadi dan tidak relevan menurut logika, maka DPRD dapat memberikan masukan dan saran, dan koreksi itulah yang menjadi bagian dari rekomendasi, kata Adam.

Akan tetapi jika permasalahan dan solusi yang disampaikan menurut logika sudah relevan dengan realisasi program dan kegiatan, maka rekomendasi DPRD dapat berupa Apresiasi atau motivasi untuk ditindaklanjuti dan terus ditingkatkan, guna mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan BPK-RI Perwakilan Papua Barat yang ada di Manokwari. Urai Adam. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.