Site icon Lensapapua.com

Alam dan Kearifan Lokal Harus Dipelihara

Lensapapua Bintuni, – Bersiap untuk turun lapangan dalam melakukan kajian penilitian dan pemetaan geografis alam Bintuni, tentang apa yang nantinya di pelajari dan di observasi sebagai bentuk penghayatan akan kandungan sumber daya alam yang ada.

Tim ekspedisi diminta untuk tetap solid, serta dapat mengenal budaya alam sekitarnya dengan baik dan ramah. hal ini di sampaikan Kepala bagian Operasional Ekspedisi NKRI Koridor se-Papua Barat, Letkol.Inf.Rachmad. SP dalam arahannya kepada tim subkorwil 5 bintuni, bertempat di poskotis SP 5 Argosigemerai bintuni, Rabu (17/2)

” Kami mengajak dan mendidik karakter tim ekspedisi ini untuk bagaimana dapat mengenal ragam budaya dan kearifan masyakat sekitar dengan baik. sehingga melalui keramahtamahan yang di bangun dengan masyarakat Tim akan lebih dekat dan masyarakat pasti merespon baik menerima masukan dalam mengarahkan dan mendukung waktu pelaksanaan dan riset yang di lakukan,”ujarnya

Rachmad menjelaskan, hal mendasar seperti inilah yang kemudian akan melahirkan keterbukaan informasi untuk di kembangkan dan di kaji sehingga dapat bermanfaat untuk memperbaharui budaya kearifan sosial sesungguhnya.

” Setiap manfaat yang di dapat, akan langsung di kaji sedetail mungkin untuk di tonjolkan segi akrual dan aktualisasi suatu kelebihan riset yang bernilai akedemis untuk kemudian menjadi dorongan peningkatan transfer ilmu,”jelasnya

Lanjutnya, hal ini juga sebagai suatu acuan menyemangati para mahasiswa untuk melatih intelektualnya menjadi paham dan mengerti apa yang di namakan sinergitas membangun daerah dengan mempertahankan perbedaan hak suku bangsa atau secara Rasialis yang tentunya berdedikasi dan berjiwa sosial.

Dengan peneliti yang di himpun sebagai motto gerik dan kompotensi jiwa belajar dan pengetahuan dari seluruh mahasiswa perwakilan semua universitas, melalui dedikasi kedisiplinan yang kami ajarkan, maka melalui keserasaian ini Tim ekspedisi benar- benar bermanfaat”Tukasnya

” Jadi jntinya dari rakyat untuk rakyat. sehingga konsep membangun sesuai sinergitas dan kemauan bersama dapat terus di dorong dan ditonjolkan nilai kearifan budaya dan kandungan alamiahnya”paparnya (ian/RED)

Exit mobile version