Yulicha: Saya Tenang Karena Miliki JKN-KIS

Lensapapua,Biak – BPJS Kesehatan menawarkan berbagai kemudahan dalam pengurusan administrasi, salah satunya untuk kehilangan kartu JKN-KIS. Proses mendapatkan kartu JKN-KIS pengganti dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN dan melakukan cetak mandiri atau apabila masih mengalami kendala seperti lupa nomor peserta dapat diurus dengan mudah di Kantor BPJS Kesehatan setempat. BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 apabila peserta mengalami kendala atau keluhan.

Yulicha Parung (34) merupakan peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri yang mengungkapkan kemudahan pengurusan administrasi kepesertaannya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor.

“Saya sedang mengurus program autodebet agar mudah nantinya saat membayar iuran dan tidak akan terlambat bayar lagi, karena dulu sempat menunggak. Kebetulan juga sekalian mengurus kehilangan kartu JKN-KIS suami saya. Proses dan syarat administrasinya mudah dan cepat,” kata Yulicha saat ditemui tim Jamkesnews, Kamis (29/04).

Biasanya ia dan suaminya turun ke Biak satu tahun sekali. Kebetulan ia baru bisa ke Biak bulan ini. Kesehatan sang suami juga mulai menurun, jadi ia pun berobat di Puskesmas. Saat diperiksa, gula darah suami Yulicha sedikit tidak terkontrol sehingga disarankan untuk kontrol jalan. Ketika berobat ia hanya menunjukkan kartu JKN-KIS. Yulicha mengaku, dengan kondisi keluarga yang berjarak-jarak saat ini, merasa bersyukur dan terbantu dengan keberadaan Program JKN-KIS ini.

“Karena saat ini saya sedang hamil jadi untuk sementara tinggal di Biak agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai sampai melahirkan. Walau saya merasa khawatir karena suami tidak ada yang bisa merawat jika sakit, namun setidaknya suami saya sudah terjamin dalam Program JKN-KIS jadi kalau terjadi apa-apa sudah sedikit lega,” terang Yulicha.

Dengan autodebet, Yulicha berharap iuran bulanannya dapat tepotong secara rutin. Ia juga percaya iuran yang terpotong tidaklah sebanding dengan manfaat yang akan dia dapatkan jika sakit nanti.

“Program JKN KIS sangat membantu dalam menjaga kesehatan kami meskipun kita tidak pernah menggunakannya. Saya akan rajin membayar karena saya sudah rasakan manfaatnya,” tuturnya.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.