Warga Biak Dari Manokwari, Akhirnya Tiba Dengan Mengikuti Protap Kesehatan Yang Ada

Lensapapua, Biak –Komandan Kodim 1708 Biak Numfor selaku Wakil Ketua 1 Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor, Letkol Inf. Ricardo Siregar, SH, M.Tr (Han) langsung melakukan penjemputan penumpang Kapal KM. Kasuari yang pertamakali membawa pulang warga Biak dari Manokwari kembali ke Biak, di  Pelabuhan Mokmer, Kamis sore (11/06/2020).

Penumpang KM Kasuari yang ikut kembali pulang ke Biak, telah mengikuti sejumlah persyaratan seperti memiliki KTP Biak, surat jalan dari tim gugus tugas serta mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19, mengikuti rapid test saat naik dari Manokwari dan saat tiba di Biak.

Dandim 1708 BN menjelaskan bahwa, semua penumpang KM Kasuari ini merupakan warga Biak yang sudah lama ingin pulang ke Biak namun terhambat akibat dampak dari pandemi virus Corona yang saat ini tengah melanda dunia, termasuk Indonesia, Provinsi Papua juga di Kabupaten Biak Numfor.

“Ini merupakan keberangkat pertama saat akses laut di Buka untuk kedatangan orang dari luar Biak sejak pemberlakuan lockdown, proses untuk memulangkan mereka cukup memakan waktu yang lama dan koordinasi yang sulit, untuk itu perlu kita apresiasi kepada Bupati Biak numfor, dengan kebaikan hatinya beliau memberikan kesempatan dan memfasilitasi warga biak yang berada di luar biak untuk pulang tapi dengan aturan dan protokoler kesehatan yang ada,”ungkapnya.

Melalui kesempatan ini juga Dandim menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, yang telah berkoordinasi dengan Provinsi dan  Kabupaten Biak Numfor sehingga masyarakat ini bisa pulang ke kampung halamannya.

“Untuk saat ini tidak ada kendala, sejak keberangkatan dari Manokwari mereka sudah melakukan protap atau protokol kesehatan, semua berangkat dalam kondisi sehat, dalam perjalanan juga tidak ada yang sakit, mudah-mudahan mereka yang ada di sini yang turun di sini semuanya setelah nanti kita rapid test nanti semuanya negatif semua, sehingga mereka bisa pulang ke rumah dan berkumpul dengan keluarga,” ujar Dandim.

Pegawasan Kedatangan KM Kasuari melibatkan semua aparat keamanan baik TNI, Kepolisian serta tim yang tergabung dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Biak Numfor, dan di saksikan langsung oleh Danlanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran, Kepala Dinas Perhubungan Biak dan Kepala ASDP Biak.

Masyarakat di minta mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh gugus tugas, yaitu harus menggunakan masker,  jaga jarak, dan melakukan karantina mandiri dulu di rumah masing-masing demi kesehatan bersama.

Perlu diketahui, tim kesehatan gugus tugas telah menyiapkan mobil ambulans di lokasi area pelabuhan mokmer, untuk persiapan apabila ditemukan warga yang Rapid test reaktif, maka akan langsung di bawa ke lokasi karantina yang sudah di siapkan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.