Walikota Sorong Akan Bangun Sekolah Unggulan

unduhan

Lensapapua–   Dengan kewenangan dan anggaran yang besar di Provinsi Papua Barat, Lambert Jitmau siap membangun Sekolah Unggulan. Senin (25/7)

Walikota Sorong Drs. Ec. L. Jitmau, MM.,  menegaskan bahwa pendidikan di Kota Sorong merupakan tanggungjawab semua pihak baik pemerintah, sektor swasta, guru-guru, orangtua dan masyarakat umum, khususnya dalam hal pengawasan terhadap pelajar terkait apa yang dibutuhkan termasuk menyiapkan semua fasilitas dari semua jenjang pendidikan.

Menurut Walikota, poin utama yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan adalah kualitas, apalagi Kota Sorong menjadi barometer Pendidikan di wilayah Papua dan Papua barat.

Jika harus menerapkan sekolah gratis, Pemerintah tentu harus menyiapkan dana yang sangat besar sementara Pemerintah Kota Sorong tidak memiliki cukup dana.

Dijelaskan Lambert, Dana otsus Rp. 70 sampai 80 Milyar disalurkan untuk 4 sektor, sektor pendidikan, sektor kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan infrastruktur dasar, sehingga Tidak mencukupi untuk pengadaan sekolah gratis tidak sebanding dengan jumlah siswa di Kota Sorong.

Lambert juga menyebutkan jika kedepan dipercaya menjadi Gubernur Papua Barat, maka dirinya akan membangun satu sekolah unggulan untuk Provinsi Papua Barat yang menampung siswa berpotensi seluruh Provinsi Papua Barat.

Dampak dari Penerapan sekolah gratis ada pada fasilitas dan kualitas sekolah, yang dikhawatirkan kualitas sekolah itu hanya se-adanya, tidak seperti sebelumnya dimana Kota Sorong mampu bersaing dengan daerah lain dibidang pendidikan.  (yud/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.