Validasi Data dan Pantau Distribusi KIS, BPJS Kesehatan Sorong Lakukan Spot Chek di Warga Dom

Lensapapua, BPJS Kesehatan Cabang Sorong terus berupaya dalam menciptakan pendistribusian Kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ke seluruh masyarakat Sorong, Papua barat. Salah satu kegiatan dalam mengoptimalkan hasil pendistribusian Kartu JKN-KIS ini ialah dengan melakukan spot check ke rumah-rumah warga, yang pada Senin (25/03) dilakukan di Pulau Dom, Sorong.
Spot Check dilakukan untuk memastikan bahwa kartu JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) telah terdistribusi secara tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak mendapatkan, serta memastikan bahwa identitas pada kartu peserta JKN-KIS seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, serta NIK telah sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Kartu Kelurga (KK).
Pendistribusian kartu tersebut dibagikan langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Harbu Hakim, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Ambar Permana dan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Sorong Gamar Malabar, mendatangi rumah-rumah warga di Pulau Dom untuk membagikan kartu JKN-KIS. Menurut Harbu Hakim, pendistribusian Kartu JKN-KIS harus selalu dipantau agar kesesuaian dengan identitas peserta.
“Pendistribusian kartu ini sekaligus untuk menvalidasi identitas peserta, kelengkapan kepunyaan dalam satu keluarga dan dan mengidentifikasi adanya data ganda dengan bertemu langsung dengan pemilik kartu atau peserta yang bersangkutan. Salah satu contoh kasus dari hasil spot check ini terdapat warga yang tanggal lahirnya masih salah, ada salah satu anggota keluarga yang belum ada kartu, ada juga yang ternyata datanya ganda dan sebagainya. Dari hasil tersebut kita bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan untuk identitas peserta,” tegas Harbu Hakim.
Harbu Hakim mengungkapkan bahwa untuk pendistribusian kartu JKN-KIS di Pulau Dom diberikan kepada 257 kepala keluarga (KK) dari total yang akan diberikan kepada warga Kota Sorong sebanyak 4000 kartu JKN-KIS. Harbu juga menegaskan saat memberikan kartu ke warga Dom bahwa pemberian kartu JKN-KIS bukan untuk mendoakan keluarga sakit, tetapi membantu mengurangi beban keluarga dalam menjamin kesehatan keluarga tersebut. Ia berharap agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menjaga dan memanfaatkan kartu JKN-KIS dengan baik.
Sri yang merupakan warga Dom, yang juga ikut menerima pemberian kartu JKN-KIS mengunggkapkan rasa terimakasihnya kepada Program JKN-KIS.
“Saya berterima kasih kepada BPJS Kesehatan dengan adanya pembagian kartu ini, kami sekeluarga akan memanfaatkan jaminan kesehatan ini dengan baik dan sekarang tidak perlu memikirkan biaya jika ingin berobat lagi,” ungkap Sri. red/TR/ws

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.