Site icon Lensapapua.com

Upacara Pemberangkatan Satgas Kopasgat Satuan Organik BKO Pangdam XVII/Cendrawasih TA. 2022

Lensapapua, Biak – Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M. Tr (Han) memimpin pelaksanaan Upacara Pemberangkatan prajurit yang tergabung dalam Satgas Kopasgat Satuan Organik BKO Pangdam XVIhoI/Cendrawasih TA. 2022 dibawah pimpinan Komandan Satgas Letkol Pas Efendi Hermawan, M.Han yang akan menjabat sebagai Komandan Batalyon Komando 468 Kopasgat. Kegiatan dilaksanakan di Baseops Lanud Manuhua Biak, Senin (26/12/2022).

Dalam sambutannya, Komandan Lanud Manuhua menyampaikan bahwa penugasan ini merupakan penjabaran dari pada perintah Presiden Republik Indonesia kepada TNI untuk ikut serta dalam mempercepat pembangunan kesejahteraan dan perekonomian di Provinsi Papua dan Papua Barat secara terkoordinasi dan terintegrasi.

“Oleh karena itu, setiap prajurit harus mengetahui dan memahami tugas pokoknya sebagai bagian dari satuan tugas pengamanan dan pengoperasionalan bandara,” ujarnya.

Selain bertugas untuk mengamankan daerah disekitar bandara dari berbagai gangguan keamanan, baik dari faktor manusia maupun faktor alam, personel yang ditugaskan juga dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan mulai dari pengendalian pangkalan, ground handling, Aviation Security, pelayanan navigasi udara atau Airnav, komunikasi dengan pesawat, serta parking master guna memandu pilot dalam memarkirkan pesawat setelah mendarat.

“Dengan terdukungnya sarana transportasi udara, roda perekonomian di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau transportasi darat dapat berjalan dengan baik,” Lanjut Danlanud.

Selain dari pada melaksanakan pengoperasionalan dan pengamanan bandara, prajurit juga memiliki tugas dalam meningkatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat di wilayah penugasan. Yang diantaranya yaitu turut melaksanakan komsos, bakti sosial, penyuluhan tenaga kesehatan, pembangunan berbagai infrastruktur, serta turut menjadi tenaga pendidik guna memajukan taraf pendidikan di wilayah Papua dan Papua Barat. Bersama rakyat papua, Kehadiran Kopasgat dapat membangun rasa aman, damai, dan menjadi pelopor untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi rakyat

“Saya harap setiap prajurit mampu adaptif dengan perkembangan situasi dan kondisi yang ada serta dapat bersinergi dengan baik dengan kekuatan kewilayahan dengan tidak mengesampingkan tugas pokok serta aturan hukum yang berlaku,” kata Danlanud Manuhua.

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas kepada Komandan Satgas beserta seluruh prajurit, saya percaya melalui pengabdian ini kita akan mampu berbuat yang terbaik bagi masyarakat demi bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini. Semoga pelaksanaan tugas Satgas Kopasgat selama 9 bulan kedepan dapat terlaksana dengan baik, dan kembali dengan selamat serta berkumpul kembali dengan keluarga tercinta,” Pungkas Danlanud.

Setelah kegiatan upacara, turut juga dilaksanakan tradisi mencium Bendera Merah Putih, pemasangan Patch logo Satgas dari anggota keluarga prajurit yang hadir. Keberangkatkan personel satgas menuju 12 wilayah penugasan di provinsi Papua dan Papua Barat dilaksanakan dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara C-130 dari Baseops Lanud Manuhua Biak.

Turut hadir dalam pelaksanaan Upacara Pemberangkatan Satgas Kopasgat BKO Pangdam XVII/Cendrawasih diantaranya Pangkoopsud III Marsda TNI Dr. T.B.H Age Wiraksono S.I.P., M.A., Danguskamla Koarmada III Laksma TNI Tunggul, Kasrem 173/PVB Kolonel Inf Ahmad Basuki, Danlanal Biak Kolonel Mar Karlos R. Deda, M.M.,M.Tr.Hamla, Asops Kosek III Kolonel Pnb Achmad Mulyono S.E.,M.M., Kadispotdirga Lanud Manuhua Kolonel Pom Kabul Suryanto Hendro, Dandim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel P. Manalu S.H. M.I. Pol, Danyonko 468 Kopasgat Letkol Pas Hari Wijayanto, Dansatpom Lanud Manuhua Letkol Pom Yurdiansyah, Kakansar Basarnas Biak Bpk. Gusti Anwar Mulyadi, Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 2/D.III Lanud Manuhua, Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 03-3/D.I, beserta jajaran pejabat TNI/Polri di wilayah Kabupaten Biak Numfor.

Exit mobile version