Tradisi Adat Awali Pemasangan Atap Rumah TMMD KE-111 di Desa Kandibundi Distrik Swandiwe

Lensapapua, Biak – Di daerah Papua sejak zaman nenek moyang terdahulu sangat terkenal dengan berbagai macam kearifan lokal yang tumbuh mengakar mebudaya dikehidupan masyarakatnya. Masyarakat Biak terkenal sejak dulu juga dikenal sangat menghargai alam sekitar dan dalam setiap tindakanya selalu mengandung makna filosofis luhur yang sangat menarik untuk dijadikan bahan kajian. Jumat (25/06/2021).

Bertempat di Rumah Mananwir Galvin Mofu dilaksanakan Ibadah syukur dan sekaligus Tradisi Adat Pemasangan Atap Rumah TMMD KE-111 di Desa Kandibundi Distrik Swandiwe Kabupaten Biak Numfor yang di hadiri oleh Dandim 1708/BN, Danramil 1708-03/Biak Barat beserta para pendeta dan Keluarga.

Mananwir Galvin Mofu menjelaskan bahwa Acara Adat pemasangan atap seng ini merupakan sebuah tradisi adat yang tidak boleh ditinggalkan, apalagi Rumah TMMD ini merupakan rumah yang di berikan kepada para Kepala Adat/Mananwir di wilayah Biak Numfor.

“Karena ini rumah adat bagi tokoh-tokoh adat/Mananwir maka kami iringi dengan acara ritual secara bertahap, dari Ibadah Syukur sampai dengan pemasangan Atap seng. Jelasnya.

“Dalam kesempatan ini kami bersyukur dan bahagia karena Acara Adat pemasangan atap ini Dandim 1708/BN berkenan hadir ditengah-tengah kita”. Imbuhnya.

Di tengah-tengan acara adat pemasangan atap Dandim 1708/BN Letkol Inf Arif Setiyono, S.I.P berpesan kepada masyarakat Kandibundi untuk ikut serta membantu anggota satgas TMMD ke-111 dalam membangun rumah para Mananwir ini.

Tak lupa Dan Satgas TMMD Letkol Inf Arif Setiyono, S.I.P, meminta seluruh Warga dan Anggota satgas TMMD ke-111 untuk mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M demi menjaga agar terhindar dari covid 19, pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.