TP-PKK Papua Barat Canangkan Program Tanam Cabe

Lensapapua–  Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian mencanangkan program tanam Cabe dirumah guna menjawab kebutuhan dan tingginya harga Cabe dipasaran.

Persoalan harga Cabe dipasar tradisional yang masih bertahan dengan harga tinggi berkisar antara Rp. 130.000; hingga Rp. 175.000; sehingga menyebabkan keresahan dikalangan ibu rumah tangga.

Menindaklanjuti persoalan tersebut, Pengurus Pusat Tim Penggerak PKK melakukan kerjasama dengan kementerian pertanian untuk menggelontorkan bibit Cabe yang disalurkan ke pengurus tim penggerak PKK diseluruh Indonesia.

Dijelaskan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat, Iit Kartika Eko Subowo, harga Cabe dipasar yang tidak kunjung turun dan meresahkan masyarakat khususnya Ibu rumah tangga.

Oleh karena itu melalui program kerjasama tersebut tim penggerak PKK dengan jejaringnya menghadirkan gerakan menanam Cabe dirumah sebagai solusi sekaligus usaha mensejahterakan masyarakat.

“Program ini merupakan kerjasama antara kementerian pertanian dan tim penggerak PKK Pusat, dan hal ini dimaksudkan untuk menguatkan ketahanan dan kualitas pangan keluarga, PKK pusat bekerjasama dengan kementerian.

Sementara PKK Papua Barat bekerjasama dengan balai pengkajian teknologi pertanian Papua Barat, dan sekaligus pencanangan gerakan penanaman Cabe pada tanggal 27 maret 2017 di Manokwari, kendati awal program ini secara nasional sejak bulan Oktober 2016” Kata Iit Kartika Subowo, Rabu (29/3/2017) digedung PKK Kabupaten Sorong.

Sementara itu, Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Sorong, Nansy Karundeng Malak, mengapresiasi kepercayaan tim penggerak PKK Provinsi Papua Barat dalam program tanam Cabe.Nansy mengajak agar program nasional tersebut harus segera direalisasikan.

“Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kepercayaan PKK provinsi Papua Barat, kami siap mendukung dan menyukseskan, namun tetap harus ada dukungan dari PKK distrik dan kampung dalam menyukseskan program yang telah dicanangkan secara nasional.

PKK Kabupaten Sorong juga sebenarnya juga punya program sejenis namun untuk jenis tumbuhan sehingga dapat menopang kebutuhan kehidupan keluarga” kata Nansy Karundeng Malak.

Selain tim penggerak PKK kabupaten Sorong, pada penyerahan bibit Cabe tersebut, PKK Provinsi juga menyerahkan bibit Cabe kepada tim penggerak PKK kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Maybrat, dan Kabupaten Tambrauw. (yud/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.