Tingkatkan Peran Tugas di Lapangan, DP3AKB Biak Gelar Kegiatan Orientasi Lini Lapangan Program Bangga Kencana 

Lensapapua, Biak – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AKB) Biak Numfor menggelar Kegiatan Orientasi Lini Lapangan Program Bangga Kencana bertempat di BBC Biak, Selasa (29/12/2020).

Dalam Sambutan Bupati Herry Ario Naap, yang dibacakan Asisten III Setda Biak Numfor, Andarias Lameki mengatakan bahwa Keluarga adalah merupakan unsur penting dalam perawatan anak mengingat anak merupakan bagian dari keluarga, kehidupan anak ditentukan oleh lingkungan keluarga maka untuk itu keperawatan anak harus mengenal keluarga sebagai tempat tinggal atau sebagai konstanta tetap dalam kehidupan berkeluarga.

“Keperawatan anak perlu untuk memperbaiki kehidupan sosial budaya dan ekonomi dari keluarga sehingga dapat menentukan pola kehidupan dalam bermasyarakat di masa sekarang dan akan datang,”tuturnya.

Menurutnya suksesnya program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana atau Bangga Kencana tidak bisa dipisahkan dari upaya penggerakan pada tingkat lini di lapangan yang bisa dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana.

“Terlebih di masa new normal Covid-19 sekarang ini diperlukan peran aktif tenaga lini di lapangan guna mencegah terjadinya putus pakai kontrasepsi yang mengakibatkan drop out agar ibu, bayi, balita dan keluarga tetap dalam kondisi sehat tenaga,” ungkapnya.

Dikakatan bahwa, Tenaga lini lapangan ini adalah orang-orang yang memiliki kepedulian dalam pengelolaan dan pelaksanaan program Bangga Kencana di lini lapangan yaitu PLKB-PKB, IMP, TPKBD dan sub PPKBD, kelompok KBKS dan kader Pokja.

Untuk meningkatkan peran tugas di lapangan dalam pembangunan dan pembinaan kegiatan kegiatan di masyarakat maka DP3AKB kabupaten Biak Numfor melaksanakan kegiatan orientasi tenaga lini lapangan di semua distrik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19 atau (3 m).

“Kegiatan orientasi di lapangan yang sudah dilaksanakan selama ini perlu ditingkatkan secara terus-menerus baik dari aspek kualitas tetapi juga dari aspek-aspek lainnya yang mendukung terbentuknya keluarga yang sejahtera dan keluarga yang berkualitas,” tuturnya.

Dalam sambutan tertulisnya ini, Bupati meminta kepada pimpinan dan jajaran DP3AKB serta seluruh petugas di lapangan untuk bersama-sama Pemda Biak Numfor meningkatkan pelayanan-pelayanan keluarga berencana di tingkat lini lapangan mulai dari kampung, kelurahan dan distrik, mengingat peran lini lapangan sangat strategis dalam mendukung program-program keluarga berencana di tingkat itu

“Keberhasilan program keluarga kependudukan dan keluarga berencana terletak pada mekanisme lini lapangan dimana tenaga lini lapangan sangat penting karena mereka sebagai ujung tombak terhadap keberhasilan program keluarga berencana,” katanya.

Diharapkan dengan dilaksanakan orientasi ini dapat meningkatkan peran tenaga di lapangan yang berdampak pada menurunnya drop out serta meningkatkan akseptor KB MKJP serta meningkatkan peran aktif pengembangan kelompok BKB, BKL, BKR dan UP2KS di Kabupaten Biak Numfor.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.