Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong Gelar Swab Tes

Lensapapua- Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong,  kembali mengadakan   swab tes bagi 119 orang, baik kepada pasien  yang sedang di karantina maupun pihak keluarganya, dan juga tenaga medis dari beberapa rumah sakit yang ada.

Kegiatan  yang  dilaksanakan di Kantor TP-PKK kilometer 24 Aimas, Rabu (27/5-2020) langsung dikoordinir oleh dokter Ronney Kalesaran.

 

Swab tes dengan pengambilan lendir melalui tenggorokan dan hidung, dilakukan pada 119 orang itu,  terdiri dari pasien Covid-19,  yang sebelumnya sudah dinyatakan positif.

 

Selain itu, yang ikut menjalani swab tes yang sama lebih diperuntukkan  bagi  keluarga dari pasien Covid-19. Termasuk  juga tenaga kesehatan dari RSAL Dr. Oetojo, RS. Sele Besolu, dan RS. Pertamina Kota Sorong.

 

Selanjutnya,  sampel lendir yang diambil,  dengan metode swab akan diperiksa menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction), yang ada di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, Sulawesi Selatan.

 

PCR adalah metode pemeriksaan virus corona. Tes PCR bekerja dengan cara mendeteksi bahan genetik spesifik di dalam virus.

 

Metode PCR digunakan  untuk mengetes seseorang apakah orang tersebut terinfeksi virus corona atau tidak.

 

Sehingga baik itu pasien Covid-19 maupun  tenaga medis akan mengambil sampel air liur,  dan menyeka bagian belakang tenggorokan.  (Humas/dkny/kk/2020)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.