Tes Kesamaptaan Jasmani Casis Bintara Noken di Biak Dilaksanakan Secara Transparan

Lensapapua, Biak – Casis Bintara Noken Polri T.A 2020 Pabanrim Polres Biak Numfor yang dinyatakan lulus dalam tes Kesehatan awal, melangkah ke tahap selanjutnya yakni tes Kesamaptaan Jasmani yang dipusatkan di Lapangan Cendrawasih Biak, Sabtu (7/3/2020).

Tes Kesamaptaan Jasmani ini diikuti oleh 222 casis yang terdiri dari 178 asal Kabupaten Biak Numfor namun satu berhalangan hadir dan 46 casis asal Kabupaten Supiori, satu diantaranya juga berhalangan hadir.

Ditemui disela-sela kegiatan, Kabag Sumda Polres Biak Numfor Kompol Sam R. Mamisala menyebutkan bahwa tes Kesamaptaan Jasmani ini meliputi lari 12 menit, Pull up, Push up dan shuttle run yang digelar secara terbuka dan transparan dengan melibatkan pengawas eksternal dari pihak adat yakni Bapak Josep Korwa Tokoh Adat Kainkain Kankara Byak dan Calvin Mofu selaku Tokoh adat Swandiwe serta disaksikan oleh keluarga dari para Casis.

Kabag Sumda menambahkan bahwa hasil tes Kesamaptaan ini akan dikirim ke Polda Papua untuk dinilai dan setelah ada hasilnya akan dikirim kembali ke Polres Biak Numfor selaku Pabanrim untuk diumumkan.

“Apapun hasilnya nanti kita sama-sama berharap yang terbaik dan bagi Casis yang tidak lulus atau tidak memenuhi syarat nantinya, jangan berkecil hati karena hari ini juga secara resmi telah dibuka Penerimaan Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri T.A 2020 yang dapat didaftar secara online Melalui www.penerimaan.polri.go.id mulai tanggal 7 s.d 23 Maret 2020,” Jelas Kabag Sumda.

Sementara itu, Tokoh Adat Kainkain Kankara Byak, Josep Korwa menyampaikan apresiasi bagi Pemerintah Pusat dan Polri yang telah memberikan kesempatan dan peluang bagi anak – anak asli Papua menjadi seorang Polisi melalui seleksi Bintara Noken Polri.

“Saat ini kami dilibatkan untuk melihat langsung proses berjalannya tes yang dilakukan dengan sangat terbuka dan transparan, kami lihat sendiri para casis tadi diberikan bimbingan maupun motivasi oleh para instruktur agar mereka disiplin dan bertanggungjawab, jadi terima kasih bagi Polres Biak Numfor yang mengundang kami untuk turut mengawasi proses jalannya tes anak – anak kami saat ini,” tuturnya.

Jopep berharap kesempatan yang diberikan ini bisa digunakan sebaik mungkin bagi anak – anak asli papua khususnya di Biak Numfor untuk bisa mempersiapkan diri, baik kesiapan fisik dan mental.

Dikatakan juga kepada orang tua untuk mempersipkan anak – anak mereka sejak awal sehingga saat mengikuti seleksi Polri mereka sudah siap fisik maupun mental. Ia berharap bagi pemeritah kampung juga bisa mendukung anak – anak asli papua dengan memberikan pengawasan dan bimbingan ke arah yang positif, memberikan pemahaman yang baik agar anak – anak bisa mempersipkan diri sejak dini untuk mengikuti seleksi Baik TNI maupun Polri untuk masa depan mereka.

“Ini tanggungjawab kita bersama untuk mempersiapkan anak – anak kita demi masa depan mereka, agar disaat ada rekrutmen seperti ini mereka sudah siap mental maupun fisik, saya juga mau pesan bagi anak – anak kami yang nantinya belum lulus tes, jangan putus asa, terus benahi diri agar lebih siap lagi dilain kesempatan,” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW