Seluruh Badan Kesbangpol Akan Jadi Instansi Vertikal

IMG_4798

Lensapapua – Kabag Perencanaan Ditjen Polhum, Kemendagri Sarmadani, mentakan dengan adanya kegiatan yang berlangsung di Kabupaten Sorong saat ini sebagai ajang silaturahim dan ingin mendengar berbagai masukkan dalam rangka menyusun rencana kerja tahun 2017.

Kita ketahui bersama bahwa dari setiap antar daerah punya karakteristik tersendiri, yang apalagi kita berencana di tahun 2017 ketika Peraturan Pemerintah RI (PP) ditetapkan maka semua Badan Kesbangpol yang ada akan dijadikan instansi vertikal, ujar Sarmadani di Aimas, Kamis (12/5).

Jadi ada sebuah paradigma baru di dalam  UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menyebutkan bahwa urusan yang tadinya hanya dua, yakni urusan otonomi dan urusan absolute dari kementerian yang  sekarang ada urusan pemerintahan umum langsung dipegang presiden, dan bisa dilimpahkan kepada gubernur, bupati dan walikota, bebernya.

Untuk itu dengan adanya Kesbangpol ini yang akan membantu pemerintah pusat supaya kita menyusun anggaran tidak pukul rata atau tidak memberikan yang tidak dibutuhkan orang maka pada hari ini kita mencoba untuk mengumpulkan informasi, aku Sarmadani.

Kegiatan ini sudah jalan dan ini formatnya saja, dimana kemarin kita kumpul di Jakarta sekarang kita langsung turun ke daerah disamping itu juga ada muatan lain. Seperti kegiatan yang berlangsung hari ini juga di Kota Sorong terkait dengan penanganan konflik dini, dan begitu pula di Kabupaten Raja Ampat terkait dengan kaum perempuan yang turut hadir dari Bappenas RI, Staf Presiden, Komnas Ham Perempuan.

Dengan mencermati kondisi daerah khususnya di Kabupaten Sorong sangat kondusif bila dibanding Kota Sorong, sambung Sumardani, yang jelas hal-hal kebaikan pasti bisa ditularkan juga ke yang lain. “Artinya, kenapa Kabupaten Sorong bisa kenapa daerah lain tidak bisa,”paparnya.

Kita lakukan kerjasama dengan semua pihak terkait, dengan harapan adanya potensi baik itu kita dorong agar bagaimana bisa saling bersinergi antara yang memberi dan menerima, sehingga kebaikan itu bisa terwujud bagi sesame anak bangsa.

Pada kesempatan itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorong Adry Tuwamenal, mengatakan  kedatangan tim dari Ditjen Polhum, Kemendagri ke daerah ini dalam rangka menjaring aspirasi untuk menyusun program kerja tahun 2017. Karena memang  hal ini mereka mengacu kepada Nawacita Presiden Joko Widodo, yakni membangun dari bawah, tambahnya.

Dengan adanya kita berdiskusi bersama ini, dengan harapan ada program-program yang akan dikucurkan ke daerah  langsung  mengena dengan apa yang dibutuhkan oleh kita di daerah.

Kegiatan ini kita libat dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, perguruan tinggi, akademisi yang diwakili dari UKIP Sorong Dr. Tom hadir sebagai narasumber kita pada hari ini, tutupnya.RED

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.