Selina: JKN-KIS Sangat Bermanfaat bagi Kami Orang Papua

Lensapapua, Biak – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sudah memberikan begitu banyak manfaat bagi penduduk Indonesia. Sebelum adanya program ini, banyak masyarakat Indonesia yang masih dibuat resah jika harus memikirkan biaya berobat jika suatu saat jatuh sakit. Namun, kini masyarakat tak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan yang semakin mahal karena telah terjamin oleh Program JKN-KIS.

Salah satu dari ratusan juta peserta JKN-KIS yang turut merasakan kehadiran JKN-KIS tersebut adalah Selina Rumaya (43). Selina, sapaan akrabnya, merupakan peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBN yang berdomisili di Kampung Ibdi, Kabupaten Biak Numfor.

Selina tak sungkan untuk berbagi pengalamannya ketika memanfaatkan Program JKN-KIS. Ia mengungkapkan rasa syukurnya karena sudah menjadi peserta JKN-KIS yang dibiayai oleh pemerintah. Menurutnya, adanya JKN-KIS telah memberikan angin segar pada masyarakat khususnya di Papua tentang pentingnya memiliki jaminan kesehatan, Kamis (9/4/2020).

“Puji Tuhan kami bersyukur sekali dengan adanya program ini. Program ini membuat kami merasa lebih diperhatikan dan mendapatkan pengobatan yang layak. Kami juga merasakan sendiri diringankan biaya, sudah pasti akan jadi pikiran apabila ada satu anggota keluarga yang jatuh sakit dan harus ada biaya yang dikeluarkan untuk menjalani pengobatannya. Untungnya dengan adanya program ini kami bisa berobat gratis di Puskesmas dan saya selalu dilayani dengan baik. Untuk itu kami bersyukur dan berterimakasih karena sudah dibantu oleh pemerintah,” ujar Selina.

Ibu empat orang anak ini juga menambahkan, ketika memanfaatkan pelayanan dari fasilitas JKN-KIS, ia selalu mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku sehingga tidak pernah sekalipun mengalami kendala. Ia mengaku sangat memperhatikan berkas yang lengkap dan mengikuti alur yang ditentukan.

“Alur pelayananya sudah tepat, pelayanannya juga sangat baik. Ketika saya ke Puskesmas tempat saya terdaftar, saya selalu ditangani dengan baik oleh petugas-petugas yang ada di sana. Saya juga diberikan diberikan obat-obatan sesuai dengan keluhan sakit yang saya alami, dan tentunya semua dijamin oleh JKN-KIS tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Semua dijamin asal mengikuti prosedurnya,” katanya.

Terakhir, ia menyebut bahwa Program JKN-KIS ini sangat membantu masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang ada di Papua. Selina berharap program yang mengusung prinsip gotong royong ini terus ada. Menurutnya jika program ini ditiadakan, entah tak terbayangkan nasib masyarakat karena sakit itu butuh biaya yang tidak sedikit.

“Adanya program ini memang sangat menjawab keresahan masyarakat, terutama bagi kami yang tinggal di Papua. Kami hanya bisa berharap agar program ini ada terus ke depannya dan semakin sukses,” harapnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW