Sambut Era New Normal, Petugas Bpjs Satu! Kembali Hadir di Rumah Sakit

Lensapapua, Biak – BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selama pandemi Covid-19. Hal ini diwujudkan dengan pelayanan oleh petugas BPJS Siap Membantu (BPJS SATU!) yang tetap siaga setiap saat memberikan pelayanan informasi dan penanganan keluhan peserta di rumah sakit. Pada kesempatan kali ini petugas BPJS SATU! hadir di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Biak, Senin (13/07).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Nurhidayat mengungkapkan peran aktif petugas BPJS SATU! dalam memberikan informasi dan menangani keluhan peserta adalah bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS mengenai informasi di fasilitas kesehatan.

“Saat ini petugas BPJS SATU! kembali aktif berinteraksi dengan peserta atau keluarga pasien di rumah sakit, baik di loket layanan rawat jalan, loket informasi dan pengaduan rumah sakit, hingga melakukan customer visit ke ruang rawat inap pasien langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Petugas BPJS SATU! kami bekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker agar tetap aman menjalankan tugasnya,” jelas Nurhidayat.

Ia menuturkan, kehadiran petugas BPJS SATU! di rumah sakit diharapkan dapat mempermudah peserta JKN-KIS atau keluarga pasien untuk dapat berkonsultasi atau menyampaikan permintaan informasi secara langsung.

“Selain petugas BPJS SATU!, saat ini peserta juga dapat mendapatkan pelayanan melalui berbagai kanal aplikasi, seperti Mobile JKN, Voice Interactive JKN (Vika) yang merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, juga melalui Chat Assistant JKN (Chika) atau pelayanan informasi berbasis chatting Whatsapp ke nomor 08118750400, Telegram dan Facebook Messenger BPJS Kesehatan,” tambah Nurhidayat.

Manfaat keberadaan petugas BPJS SATU! di rumah sakit sangat dirasakan peserta. Hal tersebut disampaikan oleh Yulia Mansoben, salah satu peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Ia mengapresiasi pelayanan informasi dari petugas BPJS SATU! saat meminta informasi mengenai perbaikan kartu. Menurutnya, hadirnya BPJS SATU di rumah sakit membuat peserta menjadi lebih mudah mengakses informasi terkait pelayanan JKN-KIS di saat pandemi seperti sekarang ini.

“Saya senang dengan hadirnya kembali petugas BPJS SATU! ini, pelayanannya sangat tanggap sekali dalam memberikan informasi. Tadi saya konsultasi langsung ke petugas BPJS SATU! terkait perbaikan kartu saya. Petugasnya ramah dan baik dalam memberikan informasi dengan menggunakan pelindung diri. Salut saya dengan baiknya pelayanan yang diberikan,” ungkapnya puas.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.