Sosialisasi Ke-7 Survey Seismik Di Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong

banner 120x600
banner 468x60

 

Novian Kurnia Putra. Humas PT. Elnusa saat memberikan penjelasan tentang survey seismik di distrik Mayamuk SP III Kab Sorong.

Lensapapua- Perusahaan PT. Elnusa sebagai anak perusahaan plat merah Pertamina kembali melakukan sosialisasi survey seismik 3D kepada masyarakat Kabupaten Sorong sebagai wilayah yang terkena dampak operasional seismik. Kali ini, sosialisasi dilakukan di Distrik Mayamuk SP III Kabupaten Sorong, Rabu (27/9/2017).

banner 325x300

 

Sosialisasi ini adalah sosialisasi ketujuh dari 9 distrik yang akan dilintasi jalur sesimik. Sosialisasi dilakukan untuk meminimalisir insiden maupun konflik yang berkaitan dengan kegiatan survey seismik, sehingga ketika kegiatan seismik berjalan, nantinya tidak lagi mengalami kendala.

 

Dalam sosialisasi tersebut juga dibahas mengenai lahan masyarakat dan tanaman tumbuh yang akan dilalui jalur survey seismik, termasuk dengan dispensasi atau pembayaran tanaman tumbuh (jika ada) diatas lahan tersebut yang terkena lintasan seismik.

 

Dipastikan, ada kompensasi terhadap lahan dan tanaman tumbuh milik warga, sehingga hal ini merupakan keuntungan bagi warga masyarakat dari dampak positif kegiatan survey seismik 3Dimensi.

 

Dampak positif lainnya bagi masyarakat adalah, penyerapan tenaga kerja lokal. Hal ini tentunya mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Sorong, mengingat kontrak kerja dengan jangka waktu lama dan kompleksitas pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

 

Semua pihak berharap survey seismik ini memperoleh hasil positif yakni ditemukannya informasi keberadaan sumber Minyak dan Gas di sepanjang bentang seismik. Karena dengan demikian akan dilanjutkan dengan kegiatan ekploitasi, baik oleh pemerintah maupun investor asing.

 

Jika hal itu terjadi, tentunya taraf hidup warga Kabupaten Sorong sudah pasti akan melesat naik ke arah yang lebih sejahtera.

 

Sosialisasi survey seismik 3D Klamasossa di Distrik Mayamuk turut dihadiri asisten III, Dinas Pertambangan dan Lingkungan Hidup, Disnakertrans Kabupaten Sorong, Lembaga Masyarakat Adat, dan lapisan warga Distrik Mariat. red

banner 325x300

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.