Program Relaksasi Iuran JKN-KIS Bantu Mahdi Penuhi Kewajibannya di Tengah Pandemi Covid-19

Lensapapua,Biak – Sebagai salah satu bentuk rasa kepedulian terhadap dampak ekonomi yang diterima oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, pemerintah melalui BPJS Kesehatan mengadakan Program Relaksasi Iuran.

Program ini ditunjukan bagi peserta JKN-KIS dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Pekerja Penerima Upah (PPU) yang sudah memiliki tunggakan lebih dari enam bulan pembayaran.

Mahdi (55), seorang wiraswasta, merupakan salah satu contoh dari peserta JKN-KIS segmentasi PBPU, yang sudah mengajukan pendaftaran Program Relaksasi Iuran di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor, Selasa (22/09/2020).

Mahdi menyampaikan bahwa dirinya mengetahui Program Relaksasi Iuran ketika berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor.

“Sebelumnya saya kebingungan untuk mengaktifkan kembali kepesertaan saya karena sudah memiliki tunggakan maksimal dua tahun, namun ketika tadi dijelaskan oleh petugas dari BPJS Kesehatan bahwa ada Program Relaksasi Iuran, saya langsung mendaftar saja,” kata Mahdi.

Mahdi menambahkan dirinya sangat bersyukur dengan adanya program relaksasi iuran yang diberikan oleh BPJS Kesehatan ini, dirinya merasa terbantukan karena kondisi ekonomi di keluarganya yang sedang kurang baik.

Selain itu Mahdi juga mengungkapkan bahwa prosedur pendaftaran relaksasi iuran ini sangat mudah, bahkan dirinya baru mengetahui bahwa pendaftaran relaksasi iuran JKN-KIS bisa dilakukan tanpa perlu datang ke Kantor Cabang.

”Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan adanya program ini, pada saat kondisi keuangan keluarga kami yang kurang baik, kepesertaan kami bisa aktif kembali dengan cara mengangsur jumlah pembayaran yang saya tentukan sendiri. Prosedur yang dijelaskan tadi oleh petugas untuk pendaftaran program ini juga sangat mudah, bahkan tadi saya diberi pemahaman bahwa untuk mendaftar program ini bisa dilakukan tanpa perlu harus datang ke kantor cabang,” tambah Mahdi.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Delila Louisa Rumbiak menjelaskan bahwa pendaftaran Program Relaksasi Iuran berlaku hingga 31 Desember 2020.

“Peserta yang telah mendaftar diwajibkan membayarkan tunggakan yang telah dipilih paling lambat 31 Desember. 2021. Sedangkan untuk pendaftaran relaksasi iuran bisa dilakukan dengan cara mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Dan untuk pembayaran relaksasi iuran dapat dilakukan melalui kanal – kanal pembayaran yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan menunjukan nomor virtual account peserta,” jelas Delilah.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.