Polisi Mengajar Di Pedalaman, Patut DiApresiasi.

MANOKWARI, — Menjalankan profesi sebagai Polisi sambil meluangkan waktu untuk mengajar anak sekolah dasar tidaklah mudah bagi kita, namun tidak sosok Bhabinkamtibmas Kampung Arfu Brigadir Polisi Septinus Arui dengan tulus dan ikhlas membantu mencerdaskan anak bangsa dengan menjadi guru sukarela di SD Inpres 102 Wasnembri Distrik Mubrani Kabupaten Manokwari.

Demikian hal ini disampaikan Wakapolres Manokwari Kompol. Andi Mapparenta,S.sos disela kegiatan coffe morning dengan para insan pers, di ruang data Polres Manokwari, senin (16/10/17).

Menurut Mapparenta, profesi tambahan yang dilakukan oleh Brigpol Septinus l,  setelah melihat kondisi anak Sekolah dasar SD Inpres 102 Wasnembri Distrik Mubrani Kabupaten Manokwari yang juga berbatasan dengan kabupaten Tambrauw sangat memprihatinkan dengan kondisi bangunan sekolah hanya terdiri dari dua ruangan, dan beberapa murid sekolah yang juga sepenuhnya terbatas menggunakan atribut sekolah atau pakaian seragam, namun memiliki kemauan tinggi untuk belajar.

Mapparenta menjelaskan bahwa kegiatan Brigpol Septinus Arui menjadi guru sukarela sudah berjalan sekitar 2 tahun lebih, Babinkamtibmas tersebut membantu memberikan Pelajaran membaca, menulis, berhitung dan pendidikan Agama serta kegiatan lainnya.

“Berawal dari kurangnya guru di SD Inpres 102 Wasnembri Distrik Mubrani membuat Brigpol Septinus Arui merasa terpanggil untuk ikut mengajar menjadi guru sukarela SDN tersebut,” ungkap Wakapolres.

Hal ini membantu guru-guru untuk mengajar beberapa mata pelajaran kepada para siswa, dan melatih kedisiplinan siswa-siawi untuk kesempatan itu dia lakukan seminggu dua hingga tiga kali disela-sela tugasnya sebagai seorang Polisi.

” Meskipun harus menempuh perjalanan jauh dari Kantor Polsek ke sekolah itu, sosok Bhabinkamtibmas Brigpol Septinus bersama  kendaraannya rutin menyusuri lembah dan gunung serta jalan berkelok hanya untuk menemui siswa sekolah dasar yang ia kunjungi dua hingga tiga kali dalam sepekan sambil mengajar,  disela kesibukannya sebagai bhabinkamtibmas pengayom keamanan ditengah masyarakat setempat ia bertugas, “Jelas Mapparenta.

Atas nama Kapolres Manokwari AKBP Ch Rony Putra, Wakapolres Manokwari juga sangat mengapresiasi sosok Bhabinkamtibmas yang merupakan contoh sosok polisi yang pantas menjadi teladan  selain memberikan pelajaran sekolah iapun turut mensosialisasikan berbagai program Polri dan memperkenalkan polisi sahabat masyarakat kepada anak-anak sejak usia dini.

Selain itu dalam aktivitasnya menjadi guru sukarela tidak mengganggu aktivitasnya sebagai Anggota Polri yang bertugas di Pospol Mubrani, hal tersebut justru menjadi Motivasi untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Kampung Arfu Distrik Mubrani.

” Yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kampung Arfu tersebut mendapat Apresiasi dari Masyarakat, Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa, Semoga di kemudian hari adAnggota Bhabinkamtibmas lainnya yang mempunyai itikad yang Tulus untuk Peduli dengan masa Depan Anak Bangsa di Kampung Binaanya,”Tandas Mapparenta. (ian)

Berita terkait

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.