Perusahaan Yang Beroperasional Dikabupaten Sorong Harus Utamakan Tenaga Kerja Lokal

Lensapapua–  Bupati Sorong, DR. Drs. Stepanus Malak. M.Si., mengingatkan agar perekrutan tenaga kerja oleh Petrosea mengutamakan tenaga kerja daerah.

Masuknya investasi ke suatu daerah sejatinya membawa sejumlah dampak positif bagi daerah, selain pada peningkatan perekonomian, hal tersebut nantinya juga akan menjadi instrumen penyelesaian masalah ketenaga kerjaan yang menjadi masalah penting secara nasional.

Bupati Sorong, Stepanus Malak, mengingatkan agar PT. Petrosea yang sedang membangun pusat kegiatan perusahaan dalam mendukung usaha Migas diharapkan juga memberikan perhatian terhadap ketenaga kerjaan di sorong, dimana saat nanti akan merekrut tenaga kerja, hendaknya mengutamakan rekrutmen tenaga kerja dari daerah karena akan memberikan dampak penurunan angka pencari kerja.

“Kami berharap saat nanti akan beroperasi, kiranya perusahaan Petrosea memberikan perhatian terhadap tenaga kerja kita didaerah kabupaten sorong, dahulukan perekrutan didaerah, kecuali jika ada tenaga ahli yang tidak ditemukan di sorong barulah mendatangkan tenaga ahli tersebut dari luar” papar Bupati Sorong, Stepanus Malak mengingatkan manageman Petrosea, Senin (24/4/2017).

Sementara itu menanggapi permintaan Bupati Sorong, Direktur PT. Petrosea, Johanes Ispurnawan, menyatakan kesanggupan untuk perekrutan disesuaikan dengan kondisi daerah, karena diakui ada beberapa jenis tenaga kerja yang akan direkrut Petrosea kedepannya, dan pastinya juga ada pelatihan peningkatan skill bagi tenaga kerja yang akan diberdayakan perusahaan.

“Kami ada rincian kebutuhan tenaga kerja, dan kami pastinya akan mematuhi saran dari Bupati Sorong, karena perusahaan bergerak dibidang jasa untuk perusahaan Migas, pastinya ada kebutuhan khusus atau ahli, dan jika tidak ditemukan di sorong pastinya akan didatangkan dari luar daerah, namun demikian perusahaan pun akan bertanggung membina dan memberdayakan tenaga kerja lokal” kata Johanes Ispurnawan.

Pembangunan sejumlah fasilitas shortbase PT. Petrosea telah dilakukan selama 7 bulan terakhir, ditargetkan tahun ini semua fasilitas bisa dipergunakan termasuk dermaga raksasa yang akan menampung kapal-kapal besar yang sandar membawa keluar dan masuk barang. (yud/red)

Berita terkait

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.